RSS

UNTUNG BESAR DARI TIMUN ZATAVY

10 Okt

timun zatavy, timun tahan virus, timun tidak pahit, timun panah merah, benih timun zatavy, benih timun panah merah, lmga agro, toko pertanian, grosir benihTimun merupakan salah satu komuditi sayuran hortikultura yang cukup populer penggunaannya di kalangan masyarakat. Masyarakat sering memanfaatkan timun sebagai kebutuhan pokok pendamping ataupun lalapan di setiap makanan seperti nasi goreng, mie goreng, pecel lele, rujak, acar, sambal, dll yang umumnya disajikan dalam makanan rumah maupun dalam industri kuliner. Selain itu, buah timun juga bisa dibuat jus timun yang menyehatkan dan menyegarkan tubuh. Bahkan sekarang karena buah timun sudah terbukti memiliki banyak kandungan manfaat positif terutama bagi kesehatan kulit, tak jarang masyarakat juga menggunakannya sebagai bahan kecantikan yaitu sebagai masker kulit/masker timun.

Tingginya kebutuhan masyarakat akan buah mentimun tersebut menjadikan potensi pasarnya meningkat sehingga secara otomatis harga timun pun juga ikut meningkat. Hal tersebut tentu saja menjadi peluang yang sangat bagus bagi petani timun untuk membudidayakan timun karena besar kemungkinan hasil panen timun akan laris manis di pasaran. Timun juga memiliki nilai ekonomis yang tinggi serta peluang berbisnis timun masih terbuka lebar yang menjadikannya cukup potensial untuk menghasilkan keuntungan.

Budidaya timun sangat menguntungkan bagi petani mengingat sifat tanaman timun yang memiliki masa tanam pendek serta mudah dalam budidayanya. Sekarang ini budidaya timun semakin digandrungi oleh para petani. Masa tanamnya yang pendek serta mudah perawatannya membuat pengeluaran petani untuk biaya budidaya semakin hemat. Keuntungan hasil panennya pun bisa cepat dinikmati hanya dalam kurun waktu singkat 1-2 bulan. Tak heran jika sekarang ini para petani timun mulai melakukan penanaman timun secara intensif dan dalam skala yang luas.

Semakin intensif dan luasnya penanaman timun menjadikan semakin besar pula potensi ancaman hama dan penyakit pada tanaman timun. Hama penyakit makin mudah menyerang kapanpun karena tempat sasarannya menjadi cukup banyak. Serangan dari hama dan penyakit yang paling utama menyerang tanaman timun disebabkan karena virus. Virus tersebut diantaranya Cucumber Mosaic Virus (CMV) dan Squash Mosaic Virus (SMV). Serangan virus ini cukup membawa dampak kerugian yang lumayan besar bagi petani. Serangan virus akan berdampak pada penurunan produktivitas tanaman dan bahkan kegagalan panen yang sangat merugikan petani apabila tidak ditangani sesegera mungkin.

Salah satu cara untuk menyiasati atau mencegah serangan virus tersebut adalah dengan mengunakan varian benih timun yang tahan virus. Varian benih timun tahan virus tersebut yaitu benih timun Zatavy F1. Zatavy F1 adalah benih timun generasi baru dari Panah Merah yang tahan terhadap serangan virus. Timun Zatavy F1 dari Panah Merah layak menjadi andalan bagi petani timun karena kelebihan-kelebihan yang ditawarkannya. Berikut adalah kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh Timun Zatavy sehingga layak menjadi andalan petani antara lain sebagai berikut :

  1. Tahan virus

Timun Zatavy adalah timun yang memiliki ketahanan terhadap virus yang tinggi.

  1. Buah tidak pahit

Timun tahan virus biasanya memiliki buah yang pahit pada bagian pangkalnya. Tetapi tidak untuk timun Zatavy, buah timun Zatavy tidak pahit hingga di bagian pangkal buahnya.

  1. Buah berbentuk silindris sempurna dengan warna hijau gelap

Warna buah tetap hijau gelap meskipun buah ternaungi daun atau ketika pencahayaan kurang.

  1. Tanaman kuat dan kokoh (vigor)

Batang tanaman timun Zatavy tumbuh kuat dan kokoh sehingga sangat kuat menahan hembusan angin dan buah saat banyak.

  1. Potensi hasil tinggi

Potensi hasil panen timun Zatavy ini sangat tinggi. Apabila timun lain panen dengan kisaran hasil 45-50 ton/ha, timun Zatavy berpotensi panen 60-70 ton/ha.

Dengan keunggulan – keunggulan diatas, bisa dikatakan petani bisa untung besar dari timun Zatavy. Potensi hasilnya yang tinggi per satuan luas, memberikan keuntungan bagi petani. Selain itu, kemampuan buah timun Zatavy mempertahankan warna hijau gelap sekalipun dalam naungan atau cahaya yang sedikit memberikan nilai tambah tersendiri. Buah yang tidak pahit berbentuk silindris sempurna dengan warna hijau gelap tentu saja menjaga nilai jual tetap stabil dan tinggi di pasaran. Sifat Zatavy yang tahan virus menjadikan tanaman ini mampu bertahan hingga utuh sampai panen. Sifat-sifat tersebutlah yang sangat dibutuhkan oleh petani timun terutama di daerah sentra-sentra penanaman timun. Hasil yang tinggi, tanaman yang kuat dan buah yang tidak pahit bisa diterima luas oleh pedagang maupun konsumen menjadikan budidaya Timun Zatavy F1 dari Panah Merah sebagai andalan baru bagi petani timun untuk menambah pundi-pundi penghasilan.

Cukup sekian pembahasan singkat kali ini tentang Untung Besar dari Timun Zatavy, semoga minat petani makin bertambah untuk memulai budidaya timun terutama dengan timun Zatavy F1. Apabila petani berminat Benih Timun Zatavy F1 dari Panah Merah, bisa didapatkan di Toko Pertanian Online LMGA AGRO. Toko Online LMGA AGRO menyediakan benih, pupuk, pestisida, dan sarana pertanian dengan harga murah dan terjangkau. LMGA AGRO siap mengirimkan pesanan dimanapun termasuk ke seluruh wilayah Indonesia melalui jasa ekspedisi terpercaya seperti JNE, POS, TIKI, KI8, dsb. Kami juga menyedikan layanan konsultasi gratis budidaya tanaman hortikultura. Silakan hubungi Toko Pertanian LMGA AGRO di CP Budi Telp. :082 141 747 141 atau SMS/WA : 0812 5222 117.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 10 Oktober 2016 in Peluang budidaya

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: