RSS

GAMBAS ANGGUN COCOK DI SEGALA MUSIM

30 Sep

gambas anggun, benih gambas, benih panah merah, benih gambas anggun, benih, LMGA AGRO, toko pertanian, gambar gambasGambas atau biasa orang menyebutnya dengan oyong adalah komoditi sayuran minor yang penanamanya biasa dilakukan di perkarangan rumah ataupun di bagian lahan yang tidak digunakan untuk tanaman lain. Sayuran dengan nama latin Luffa acutangula ini termasuk ke dalam suku labu-labuan atau lebih dikenal dengan famili Cucurbitaceae. Sayur gambas umumnya dipanen ketika buahnya masih muda sehingga rasanya masih manis dan dagingnya tidak berserat. Ketika buah mulai tua atau sudah tua buah akan terasa pahit dan daging penuh dengan serat – serat keras yang tentu saja tidak enak dikonsumsi.

Walaupun gambas masih sebagai sayuran minor tapi gambas cukup disukai masyarakat karena manfaat yang dihasilkannya. Manfaat gambas/oyong ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula bagi para penderita diabetes dan juga menyembuhkan beberapa penyakit seperti asma, radang usus, hingga dapat juga meningkatkan keluarnya ASI bagi ibu-ibu setelah melahirkan. Karena manfaatnya kebutuhan gambas menjadi meningkat di pasaran.

Di kalangan mayoritas petani, budidaya gambas masih dianggap kurang menguntungkan karena gambas bukan termasuk komoditi yang banyak dicari masyarakat sehingga area budidayanya sedikit. Padahal apabila kita bisa berpikiran terbuka dan melihat peluang yang ada, anggapan tersebut tentu tidaklah benar. Gambas sekalipun memang masih bukan komoditi unggulan seperti cabai, tomat, melon, dan semangka tapi gambas cukup potensial untuk dibudidayakan. Mengingat pasokan gambas yang masih sangat sedikit, kebutuhan gambas yang relatif stabil dan semakin meningkat membuat budidaya gambas sangat berpotensi untuk menghasilkan pundi-pundi penghasilan. Cara budidaya dan perawatan gambas terbilang cukup mudah ditambah lagi umur panennya yang cepat membuat sayuran ini layak menjadi pilihan untuk dibudidayakan. Tempat budidayanya dapat dilakukan dimana saja bisa diperkarangan rumah, ladang, maupun dilahan yang tidak dipakai tanaman lain/sebagai tanaman sampingan dari tanaman utama.

Seiring berjalannya waktu, sekarang gambas tidak hanya dimanfaatkan petani sebagai tanaman pendamping/sela saja tapi sudah mulai dibudidayakan secara komersial dalam skala luas. Seperti para petani di sentra-sentra budidaya gambas, mereka telah merasakan sendiri hasil keuntungan yang didapat dari budidaya gambas yang sangat menjanjikan. Kemajuan dari cara pembudidayaan gambas secara luas dilatabelakangi karena permitaan pasar yang makin besar serta juga didukung oleh beberapa produsen benih yang mengeluarkan aneka varian benih gambas. Dengan ini petani semakin terdorong untuk mempergiat penanaman gambas di lahan persawahan luas dengan aneka varian benih gambas yang ada.

Untuk memenuhi kebutuhan petani akan varian benih gambas tersebut, perusahaan benih pun mendukung dengan memproduksi aneka benih gambas dengan kualitas hibrida. Aneka benih gambas hibrida tersebut diantarannya ada Benih Gambas F1 Esenza Cap Kapal Terbang, Gambas F1 Sasi Cap Bintang Asia, Gambas F1 Prima Cap Panah Merah, Gambas F1 Hanoman Cap Bintang Asia, Gambas F1 Meriam dari Known You Seed, dan Gambas F1 Anggun Cap Panah Merah.

Dari sekian aneka varian benih gambas tersebut ada satu yang menjadi pilihan andalan petani yaitu Benih Gambas F1 Anggun Cap Panah Merah produksi dari perusahaan benih PT East West Seed Indonesia (EWINDO). Varian Benih Gambas F1 Anggun Cap Panah Merah dipilih karena tanaman Gambas Anggun lebih tahan penyakit dan cocok ditanam disegala musim. Selain itu buah gambas Anggun memiliki rasa lebih yang enak dan serat-seratnya lembut. Adapun karakteristik lain yang dimiliki oleh Gambas F1 Anggun Cap Panah Merah ini adalah sebagai berikut :

  1. Gambas hibrida yang cocok di tanam didataran rendah sampai dataran tinggi
  2. Tanaman Gambas F1 Anggun memiliki bentuk tanaman vigor dengan daun yang lebih hijau
  3. Tanaman tahan terhadap serangan bercak mata kodok dan embun bulu
  4. Gambas F1 Anggun dapat ditanam pada segala jenis tanah pada musim penghujan maupun musim kemarau
  5. Buah Gambas Anggun mempunyai ukuran panjang 40-50 cm dengan diameter 5 cm
  6. Buah berwarna hijau tua, lurus, dan rasa manis
  7. Berat buah per tanaman 250-300 gram/buah
  8. Tanaman sangat produktif dapat dipanen mulai umur 35-40 HST
  9. Potensi hasil panen mencapai 40-45 ton/ha
  10. Kebutuhan benih 1,1 kg/ha dan tersedia dalam kemasan 10 gram/sachet (50 butir)

Memasuki musim kemarau seperti sekarang ini, namun ada beberapa daerah di Pulau Jawa yang terkadang masih diguyur hujan begitu pula di daerah lain membuat petani makin resah. Hal ini membuat cuaca menjadi tidak menentu, kadang panas dan terkadang hujan sehingga kekebalan dan pertumbuhan tanaman menjadi rentan dan alhasil panen pun tak optimal. Untuk itu solusinya, pastikan carilah/pilih tanaman yang memiliki benih unggulan dan tahan di segala musim seperti Benih Gambas F1 Anggun ini yang cocok ditanam di segala musim. Dengan memilih Benih Gambas F1 Anggun Cap Panah Merah ini adalah pilihan tepat bagi petani. Petani tidak perlu resah lagi, dimusim apapun pertumbuhan tanaman akan tetap optimal dan hasil panen pun maksimal.

Benih Gambas Anggun Cocok Disegala Musim ini membuat petani tidak perlu khawatir lagi, memulai budidaya gambas kapapun bisa, tanpa peduli sekarang musim apa. Dengan begitu petani dapat terus mendapatkan keuntungan yang menjanjikan apapun bentuk musimnya. Apabila Anda berminat Benih Gambas F1 Anggun Cap Panah Merah ini bisa didapatkan di Toko Pertanian Online LMGA AGRO. Toko Online LMGA AGRO menyediakan aneka benih, pupuk, pestisida, dan sarana pertanian dengan harga murah dan terjangkau. LMGA AGRO siap mengirimkan pesanan ke seluruh wilayah Indonesia melalui jasa ekspedisi terpercaya seperti JNE, POS, TIKI, KI8, dsb. Kami juga melanyani konsultasi gratis budidaya tanaman hortikultura. Silakan hubungi Toko Pertanian LMGA AGRO di CP Budi Telp. : 082 141 747 141 atau SMS/WA : 0812 5222 117. Terima kasih.🙂

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 30 September 2016 in Benih

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: