RSS

SAWI KUMALA UMUR GENJAH

10 Sep

sawi kumala pertiwi, sawi kumala, kumala, agri makmur pertiwi

SAWI UNGGUL KUMALA Sumber : http://www.benihpertiwi.co.id

Siapa sih yang tak kenal dengan tanaman sawi? Yang pernah makan bakso, mie ayam, mie goreng, nasi goreng. Angkat tangan!!.. Pasti semua sudah tahu lah ya, nggak usah usah ditanya lagi.. Yapps.. Sawi sebagai sayuran pelengkap untuk menambah cita rasa dan penampilan yang cantik di makanan, seperti yang telah disebutkan diatas. Tanpa adanya sawi mungkin akan aneh ya rasa dan tampilannya. He.em..

Sawi di Indonesia termasuk salah satu sayuran yang keberadaannya lumayan laris di pasaran. Mengingat sawi dapat diolah menjadi menjadi makanan yang lezat dan diburu oleh pedagang sayur ataupun penjual makanan. Konsumsi sawi di masyarakat sangatlah tinggi. Selain itu, sayur sawi sebagai makanan konsumsi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat sawi tersebut diantarannya dapat mengurangi resiko diabetes tipe 2, mencegah peradangan, mengendalikan kolestrol, mencegah kanker, serta  mencegah osteoporosis dan anemia.

Sawi adalah sekolompok tumbuhan dari marga Brassica yang tergolong sayuran dedaunan. Jenis – jenis sawi yang ada di Indonesia dapat dibedakan menjadi tiga jenis ada sawi hijau/sawi bakso/caisim, sawi putih/petsai, dan sawi daging/sawi sendok/pak choy. Sawi hijau atau dikenal dengan sawi bakso karena sawi ini banyak digunakan sebagai sayuran pelengkap di bakso termasuk jenis sawi yang populer dan banyak dibudidayakan. Sawi hijau memiliki rasa yang manis dibandingkan jenis sawi lainnya sehingga bisa disebut juga sawi manis. Sawi hijau sekarang menjadi komoditi yang banyak ditanam petani.

Menanam sawi memang tergolong tidak rumit. Sawi dari jenis apapun baik sawi hijau, putih, dan daging memiliki sifat yang mudah tubuh dan mudah dalam perawatannya. Selain itu jika anda tahu, sawi tidaklah harus bisa ditanam di lahan-lahan pertanian yang luas tetapi juga bisa ditanam di lahan perkarangan rumah walaupun sempit ataupun dengan cara hidroponik (tanpa tanah). Bukan hanya petani saja yang bisa menanam sawi melainkan para penggemar/penghobi tanaman sayur dan ibu-ibu rumah tangga pun juga bisa melakukannya dengan memanfaatkan lahan di sekitar rumahnya sebagai kebun sayur sendiri.  Ketika waktunya panen tiba, sawi tinggal ambil di kebun tak perlu susah – susah beli atau bahkan kalau panennya banyak bisa dijual ke tetangga sekitar. Lumayan kan dapat tambahan penghasilan dan pengeluaran rumah tangga jadi lebih hemat.🙂

Langkah awal untuk membudidayakan sawi yaitu pastikan sudah memiliki benihnya. Tanpa benih bagaimana sawi bisa tumbuh?. Benih merupakan sumber awal kehidupan dan pertumbuhan setiap tanaman. Pastikan pilihlah benih yang memiliki kualitas yang bagus, unggul, dan juga tahan virus agar hasil yang didapat memuaskan. Untuk benih tanaman sawi, sudah banyak beredar di pasaran. Kita dapat memilih sepuasnya. Berikut jenis-jenis benih sawi tersebut antaran lain :

  1. Sawi Hijau/Sawi Bakso : Benih Sawi F1 Tosakan dari Cap Panah Merah, Sawi F1 Christina dari Cap Kapal Terbang, Sawi F1 Shinta dari Cap Panah Merah, dan Sawi F1 Kumala dari Agri Makmur Pertiwi.
  2. Sawi Putih/Petsai : Benih Sawi F1 Eikun dari Takii Seed Jepang, Sawi F1 Auntumn Sun dari Known You Seed, Sawi F1 Nagaoka dari Takii Seed Jepang, dan Sawi F1 Summer Highland dari Nong Woo Bio Korea.
  3. Sawi daging/Pak Choy : Benih Sawi F1 Nauli dari Cap Panah Merah, Sawi F1 Flamingo dari Agri Makmur Pertiwi, Sawi Gardena dari Cap Kapal Terbang, dan Sawi Pak Choy Green dari Takii Seed Jepang.

Banyak ya benih sawi yang ada dan sekarang jadi binggung memilihnya??? Semua benih sawi yang telah disebutkan diatas memiliki kualitas unggulan. Semua pantas dipilih. Tapi kami akan berikan rekomendasi bagi Anda yang menginginkan budidaya sawi yang cepat panen yaitu Benih Sawi F1 Kumala produksi dari Agri Makmur Pertiwi. Benih Sawi Unggul Kumala termasuk jenis sawi hijau yang memiliki keunggulan umur genjah sehingga cepat panen. Adapun deskripsi dari benih sawi Kumala diantarannya :benih, kumala, benih sawi, sawi kumala, agri makmur pertiwi, benih pertiwi, lmga agro, toko pertanian, jual benih

  1. Beradaptasi baik mulai dari dataran rendah hingga dataran tinggi
  2. Tanaman tegak dengan tinggi tanaman mencapai 31 cm
  3. Batang dan daun berwarna hijau
  4. Jumlah daun 9-10 helai
  5. Daun berbentuk oval
  6. Tanaman dapat dipanen mulai umur 22-25 HST
  7. Potensi hasil panen 28-30 ton/ha
  8. Kebutuhan benih 500-550 gram/hektar

Benih Sawi Kumala Umur Genjah akan memberikan keuntungan bagi Anda. Selain panen yang cepat, Anda juga bisa menghemat biaya perawatan. Tentu saja hal ini sangat di sukai bagi siapapun baik itu para petani maupun para pembudidaya tanaman.

Untuk mendapat benih Sawi Unggul Kumala bisa Anda peroleh di toko – toko pertanian. Ataupun jika Anda susah menemukannya, Benih Sawi Unggul Kumala bisa Anda peroleh di Toko Pertanian Online LMGA AGRO. Toko Online LMGA AGRO menyediakan benih, pupuk, pestisida, dan sarana pertanian dengan harga murah dan terjangkau. LMGA AGRO siap mengirim ke seluruh wilayah Indonesia melalui jasa ekspedisi terpercaya seperti JNE, POS, TIKI, KI8, dsb. Kami juga melanyani konsultasi gratis budidaya tanaman hortikultura. Silakan hubungi Toko Pertanian LMGA AGRO di CP Budi : Telp. 082 141 747 141 atau SMS/WA 0812 5222 117.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 10 September 2016 in Benih

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: