RSS

CABAI KERITING KIRAN CAP MUTIARA BUMI

26 Agu

Takiran, cabai kiran, benih cabai, cabai keriting, benih cabai keriting, mutiara benih, lmga agro, toko pertanian, jual benihk henti – hentinya bahasan tentang cabai kami terbitkan terutama tentang cabai keriting. Seperti tak pernah habis bahan bahasan dalam cabai ini selama keberadaannya masih sangat populer di kalangan masyarakat dan para petani cabai.

Memang benar cabai keriting merupakan salah satu cabai yang memiliki nilai ekonomis tinggi dibandingkan jenis cabai lainnya. Cabai ini tidak hanya telah memenuhi kebutuhan pasar rumah tangga tetapi juga kebutuhan industri. Beberapa perusahaan industri makanan telah memanfaatkan cabai keriting sebagai bahan baku dalam produk olahannya seperti perusahaan mie instan dan bumbu masakan kemasan. Cabai keriting dipilih karena memiliki rasa yang lebih pedas, warna merah dan tekstur yang lebih padat dibandingkan jenis cabai merah besar. Kalangan industri biasa mengolah cabai keriting menjadi cabai kering atapun cabai bubuk sebagai pelengkap bumbu dalam produk yang di produksinya. Bahkan sekarang pun perlu kita tahu beberapa perusahaan telah melakukan ekspansi produk dengan hanya menjual secara langsung cabai bubuk dalam kemasan. Dengan hal tersebut, tentu membuat cabai keriting memiliki daya simpan yang lebih lama dan nilai ekonomis yang jauh lebih tinggi dibandingkan dalam bentuk mentahan.

Harga cabai keriting dalam bentuk mentah di pasaran sangatlah fluktuatif. Terkadang naik tajam dan terkadang turun drastis. Bagi petani pemula mungkin hal ini akan membuat mereka surut minat untuk menanam cabai dan memilih tanaman jenis lain untuk dibudidayakan. Tapi bagi petani yang sudah lama berkecimpung dalam budidaya cabai hal ini sudah dianggap biasa dan malah menjadi tantangan tersendiri bagi mereka. Dengan adanya tantangan ini mereka menjadi terpacu untuk membudidayakan cabai dengan terus memperbaiki pola tanam agar stock di pasaran stabil sehingga harga tidak naik turun serta teknik penanaman dan perawatan yang baik dan benar terutama saat terjadi masalah serangan hama penyakit.

Tanaman cabai termasuk tanaman yang rentan terhadap serangan hama dan penyakit. Serangan hama penyakit tentu akan membawa kerugian besar bagi petani jika salah dalam penanganannya. Hal inilah yang menjadi faktor kedua kenapa para petani pemula kebanyakan enggan untuk memulai budidaya pertamanya dengan budidaya cabai. Padahal jika kita cermati betul di pasaran, peluang budidaya cabai masih sangat besar dan menjanjikan. Mengingat cabai sebagai komoditi bumbu masakan yang paling banyak dicari dan tidak bisa lepas dari masyarakat kita. Dibuktikan dengan terus meningkatnya volume permintaan cabai dari tahun ke tahun.

Kambali lagi ke cabai keriting. Cabai keriting termasuk salah satu cabai yang memiliki potensi pasar yang lebih luas dibanding cabai lainnya. Cabai ini tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga tetapi juga kebutuhan industri. Dengan memasuki dunia industri harga cabai jauh lebih stabil daripada di pasaran. Namun, untuk memasukinya harus dengan syarat yaitu kualitas cabai keriting yang dihasilkan harus dapat menembus standart industri yang telah ditetapkan perusahaan seperti memiliki kualitas unggulan, tekstur bagus tidak ada cacat buah, tingkat kepedasan pas, daya tahan, dll. Semua standart kualitas tersebut dapat tercapai jika petani memperhatikan betul faktor yang satu ini yaitu pemilihan varietas benih cabai keriting. Pilihlah benih yang memiliki kualitas unggulan. Dengan begitu semua hasil panen yang diperoleh akan sesuai standart industri dan petani sudah pasti untung. Karena benih cabai keriting unggulan tentu memiliki kualitas buah yang bagus, tahan virus, dan daya adaptasi tinggi sehingga tidak merepotkan bagi petani selama proses budidaya cabai.

Untuk masalah benih jangan khawatir!! Sekarang ini benih cabai keriting dapat mudah kita temui di pasaran dengan berbagai varietas dan merk seperti yang telah kami sebutkan dalam artikel-artikel sebelumnya. Kali ini kami akan membahas salah satu benih cabai keriting unggulan yaitu benih cabai keriting Kiran dari Cap Mutiara Bumi. Benih cabai keriting Kiran termasuk jenis benih cabai keriting unggulan yang diproduksi oleh perusahaan benih PT. Prabu Agro Mandiri dan terkenal dengan Cap Mutiara Bumi. Benih cabai keriting ini memiliki beberapa keunggulan dan karakteristik antara lain :

  1. Jenis cabai keriting hibrida yang cocok untuk ditanam di dataran rendah sampai tinggi
  2. Daya adaptasi tinggi di segala musim
  3. Warna buah merah menyala
  4. Bentuk dan ukuran sangat menarik (keriting dan lurus)
  5. Teleran ujung buah kuning
  6. Panjang buah 15-18 cm dan berdiameter 1 cm
  7. Bobot buah per buah 3 – 4 gram
  8. Daya simpan lebih tahan lama
  9. Produksi 1,5-1,7 kg/tanaman
  10. Dapat dipanen pada umur 100 – 120 HSS
  11. Potensi hasil panen 19 – 21 ton/Ha
  12. Kebutuhan benih cabai keriting Kiran 200 – 250 gram/Ha.

Dengan keunggulan dan karakteristik Cabai Kiran seperti yang telah disebutkan diatas, maka Cabai Kiran cocok menjadi pilihan cabai budidaya bagi petani untuk menambah penghasilan dan keuntungan yang memuaskan. Daya adaptasi yang dimilikinya luas dengan dapat ditanam di dataran tinggi atau dataran rendah  memudahkan petani dalam mencari tempat budidaya. Selain itu, kemampuannnya tumbuh baik di segala musim baik penghujan maupun kemarau membawa keuntungan tersendiri bagi petani cabai. Cabai Keriting Kiran memiliki kualitas yang bagus dan unggul sehingga dapat menembus pasar lokal dan industri.

Demikianlah sedikit bahasan tentang Cabai Keriting Kiran Cap Mutiara Bumi, jika Anda berminat, benih Cabai Keriting Kiran Cap Mutiara Bumi bisa Anda dapatkan di Toko Pertanian Online LMGA AGRO. Toko Online LMGA AGRO menyediakan benih, pupuk, pestisida, dan sarana pertanian dengan harga murah dan terjangkau. LMGA AGRO siap mengirim ke seluruh wilayah Indonesia melalui jasa ekspedisi terpercaya seperti JNE, POS, TIKI, KI8, dsb. Kami juga melanyani konsultasi gratis budidaya tanaman hortikultura Anda. Silakan hubungi Toko Pertanian LMGA AGRO di CP Budi : Telp. 082 141 747 141 atau SMS/WA 0812 5222 117.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 26 Agustus 2016 in Benih

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: