RSS

HASIL MELIMPAH DENGAN BUDIDAYA TIMUN TAHAN VIRUS ETHANA

21 Agu

timun ethana, ethana f1, timun tahan virus, lmga agro, toko pertanian lmga agro, timun panah merah, benih tahan virus, benih timun, benih, jual benih murahTimun telah menjadi komoditas utama sayuran hortikultura di Indonesia. Tanaman yang bernama latin Cucumis sativus ini tergolong tanaman sayur dari keluarga labu-labuan (Cucurbitaceae). Timun menjadi sayuran yang banyak dibutuhkan masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari baik dikonsumsi secara langsung maupun diolah menjadi aneka makanan. Sayuran ini memiliki kadar air yang cukup tinggi dan baik bagi kesehatan. Sehingga tak heran, apabila permintaannya sangatlah  tinggi di pasaran.

Tingginya permintaan timun tentu saja diikuti dengan intensitas penanaman yang cukup tinggi oleh petani. Tingginya intensitas penanaman ini beresiko terhadap munculnya serangan hama dan penyakit. Penyakit utama pada timun yang dihadapi oleh petani terutama di sentra-sentra penanaman timun adalah serangan virus yaitu Gemini Virus. Serangan virus ini menjadi momok yang paling ditakuti petani. Serangannya tidak hanya mengakibatkan buah yang dihasilkan tidak sempurna/cacat sehingga mempengaruhi harga jual timun. Tetapi bahkan juga bisa mengakibatkan tanaman mati hanya dalam waktu singkat kurang dari 30 hari pada daerah yang sudah endemik virus. Hal ini tentu saja sangat merugikan bagi petani dan bisa mengakibatkan gagal panen.

Kendala serangan virus tersebut telah mendorong beberapa produsen benih untuk melakukan inovasi dengan memproduksi benih timun yang memiliki katahanan terhadap serangan virus. Salah satunya dari perusahaan benih PT East West Seed Indonesia dengan merk dagang Cap Panah Merah telah memunculkan varietas terbaru benih timun tahan virus yaitu Ethana F1. Benih Timun Ethana merupakan benih timun hibrida yang tergolong jenis timun lalap dari Panah Merah. Adapun deskripsi dari Timun F1 Ethana Cap Panah Merah ini sebagai berikut :

  1. Tanaman Timun F1 Ethana direkomendasikan untuk dataran rendah – menengah
  2. Tahan terhadap penyakit akibat serangan gemini virus
  3. Umur panen genjah 32 – 34 HST
  4. Buah timun Ethana berwarna hijau terang bergaris putih
  5. Berat buah 125 – 135 gram/buah
  6. Buah memiliki ukuran panjang 13,5 – 15,1 cm dengan diameter 3,5 – 4,2 cm
  7. Potensi hasil panen 45 – 50 ton/ha
  8. Tersedia dalam kemasan 800 butir/sachet

Benih Timun Ethana memiliki ketahanan terhadap virus yang tinggi sehingga cocok untuk dibudidayakan di daerah yang sudah endemik virus. Budidaya timun Ethana F1 tidak terlalu rumit, perawatannya cukup mudah, ditambahkan lagi memiliki umur penen yang genjah sehingga petani bisa cepat menikmati hasil keutungannya. Selain itu, Timun F1 Ethana Cap Panah Merah memiliki potensi hasil panen yang tinggi sekitar 45 – 50 ton/ha apabila proses budidayanya dilakukan secara baik dan benar. Timun ini juga memiliki rasa yang manis dari pangkal hingga ujung buah serta menyegarkan sehingga sangat sesuai dengan selera para konsumen saat ini.

Dari keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh timun Ethana F1 Cap Panah Merah tersebut mulai dari tahan virus, umur genjah, potensi hasil tinggi, dan rasanya yang sesuai selera konsumen,  timun Ethana cocok untuk menjadi pilihan bagi para petani timun yang menginginkan cepat panen, resiko kerugian kecil, dan hasil panen yang melimpah. Dengan begitu petani bisa mendapatkan keuntungan yang sangat memuaskan dan hasil yang melimpah dengan budidaya timun tahan virus Ethana.

Demikianlah ulasan singkat artikel kali tentang Hasil Melimpah dengan Budidaya Timun Tahan Virus Ethana. Apabila Anda berminat untuk membudidayakan timun EthanaBenih Timun F1 Ethana Cap Panah Merah bisa Anda dapatkan di Toko Pertanian Online LMGA AGRO. Toko Online LMGA AGRO menyediakan benih, pupuk, pestisida, dan sarana pertanian dengan harga murah dan terjangkau. LMGA AGRO siap mengirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia melalui jasa ekspedisi terpercaya seperti JNE, POS, TIKI, KI8, dsb. Kami juga melanyani konsultasi gratis budidaya tanaman hortikultura. Silakan hubungi Toko Pertanian LMGA AGRO di Apabila berminat silakan hubungi  CP Budi Telp. : 082 141 747 141 atau SMS/WA : 0812 5222 117.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 21 Agustus 2016 in Benih, Peluang budidaya

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: