RSS

CABAI YOSI BUAH SERAGAM DAN RATA

06 Agu

benih, benih cabai, cabai keriting, cabai yosi, benih cabai yosi, global seed, lmga agro, toko pertanian, jual benihCabai keriting merupakan salah satu komoditi hortikultura yang banyak dicari masyarakat baik dari kalangan produsen maupun konsumen. Permintaan cabai keriting di pasaran seolah-olah tak pernah sepi. Namun ada hal yang sangat disayangkan dari cabai ini, pasokannya di pasaran masih sangat rendah sehingga membuat kebutuhan cabai ini tidak terpenuhi secara maksimal. Selain itu, pasokan cabai yang tak menentu membuat harga cabai keriting di pasaran sangat fluktuatif. Saat pasokan melimpah harganya turun tapi saat pasokan sedikit harganya naik. Hal ini justru sangat merugikan bagi petani dan konsumen. Padahal jika dibandingkan, harga cabai keriting jauh lebih tinggi daripada jenis cabai lainnya serta nilai ekonomisnya yang juga tinggi.

Cabai keriting memiliki nilai ekonomis tinggi karena manfaatnya yang sangat banyak. Selain untuk bumbu masakan, cabai keriting juga digunakan untuk memberi warna menarik pada masakan. Cabai keriting mempunyai rasa dan aroma yang lebih pedas dibandingkan cabai merah besar biasa. Maka tak heran jika cabai ini juga dijadikan bahan baku produk olahan atau cabai industri seperti cabai kering, cabai bubuk, dan saus. Saat cabai keriting diolah menjadi cabai industri harganya justru sangat stabil dan tinggi di pasaran.

Dengan diolah menjadi cabai industri tentu saja membutuhkan pasokan cabai keriting yang besar dari petani. Para petani pun kini mulai giat-giatnya menanam dan memperluas area budidaya cabai keriting. Budidaya cabai keriting sangat menguntungkan dilihat dari potensi pasarnya yang masih sangat besar. Meskipun begitu budidaya cabai tidak boleh sembarangan diperlukan keseriusan, ketelitian, keuletan, dan ketekunan. Apalagi pada saat musim – musim tertentu tanaman cabai rawan terhadap serangan hama dan penyakit terutama layu bakteri atau fusarium dan antraknosa. Untuk mengatasi penyakit tersebut dapat menggunakan obat anti jamur dan bakteri yaitu arashi.

Selain faktor serangan hama dan penyakit ada hal lain yang mesti harus diperhatikan oleh petani yaitu keseragaman buah. Keseragaman hasil panen buah cabai menjadi faktor penentu kualitas cabai yang dihasilkan. Buah cabai yang seragam tentu akan menarik minat konsumen untuk membelinya karena bentuk fisiknya yang sama rata. Keseragaman dan kerataan buah cabai bisa dicapai jika perawatan dan teknik budidaya cabai dilakukan secara baik dan benar. Selain itu, faktor pemilihan benih juga sangat berpengaruh terhadap kualitas hasil panen cabai.

Pada saat pemilihan benih cabai, pilihlah benih yang mempunyai kualitas unggulan. Benih kualitas unggul atau benih hibrida biasa diproduksi oleh perusahaan benih pabrikan yang telah berstandart nasional. Contohnya : benih cabai F1 Red Kriss dari Takii Seed, cabai F1 Rimbun 3 dari Cap Kapal Terbang, cabai F1 Lado dari Cap Panah Merah, cabai F1 Red Sabel dari Takii Seed, cabai F1 Iggo dari Cap Kapal Terbang, dan cabai F1 Yosi dari Global Seed. Benih cabai unggulan atau benih cabai hibrida tersebut tentu akan menghasilkan panen cabai yang bagus, tahan virus, terbebas dari serangan hama penyakit, produktivitas tinggi, serta buah yang seragam dan rata.

Untuk menghasilkan budidaya cabai dengan buah yang seragam dan rata, petani bisa menggunakan benih cabai F1 Yosi dari Global Seed. Benih cabai Yosi merupakan jenis cabai keriting produksi dari Global Seed yang mempunyai keunggulan buah seragam dan rata serta produktivitasnya tinggi. Selain itu, cabai Yosi memiliki karakeristik sebagai berikut :

  1. Cabai Yosi cocok ditanam di dataran rendah hingga dataran tinggi
  2. Warna buah merah menyala
  3. Buah cabai Yosi seragam dan rata
  4. Buahnya memiliki panjang 20-22 cm dengan diameter 0,8 cm
  5. Tahan simpan dan pengangkutan jarak jauh
  6. Tanaman cabai Yosi bisa dipanen pada umur 100-120 HSS dengan produktivitas 1,5 – 2,5 kg/tanaman
  7. Cabai keriting F1 Yosi tersedia dalam kemasan 10 gram

Cabai keriting F1 Yosi dari Global Seed tergolong jenis benih keluar terbaru. Tak ada salahnya jika petani memilih benih ini untuk budidaya cabai. Budidaya cabai Yosi akan membawa keuntungan besar dan hasil yang memuaskan dengan syarat cara perawatan cabai harus konsisten, baik dan benar.

Jika anda berminat, benih Cabai Yosi Buah Seragam dan Rata bisa anda dapatkan di Toko Pertanian On Line LMGA AGRO. Toko On Line LMGA AGRO menyediakan benih, pupuk, pestisida, dan sarana pertanian dengan harga murah dan terjangkau. LMGA AGRO siap mengirim ke seluruh wilayah Indonesia melalui jasa ekspedisi terpercaya seperti JNE, POS, TIKI, KI8, dsb. Kami juga melanyani konsultasi gratis budidaya tanaman hortikultura. Silakan hubungi Toko Pertanian LMGA AGRO di CP Budi : Telp. 082 141 747 141 atau SMS/WA 0812 5222 117.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 6 Agustus 2016 in Benih

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: