RSS

TOMAT TAHAN VIRUS TM VISTA MENGISI SEGMEN PASAR SAVIRO

01 Agu

tm vista lmga agro, tm vista, toma, benih tomat, benih tomat tm vista, tomat tahan virus, lmga agro, jual benih, Tanaman tomat (Lycopersium esculentum Mill) adalah tumbuhan setahun, berbentuk perdu atau semak, dan dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter. Tanaman tomat memiliki buah yang berwarna hijau, kuning, dan merah. Buah tomat ini biasa digunakan sebagai sayur, buah maupun bumbu masakan. Selain itu, manfaat buah tomat juga bisa digunakan sebagai bahan kecantikan misalnya masker tomat. Seiring berkembangnya dunia industri makanan dan minuman, tomat pun dicari sebagai bahan bakunya seperti untuk perusahaan saus tomat, makanan kaleng, dan jus tomat kemasan. Maka tak heran jika saja hal ini membuat kebutuhan dan permintaan buah tomat sangat tinggi.

Permintaan buah tomat yang tinggi di kalangan rumah tangga maupun industri juga harus diimbangi dengan pasokan tomat yang banyak pula dari para petani. Untuk memenuhi hal tersebut para petani mulai mengembangkan dan memperluas budidaya tomatnya. Budidaya tomat selain menggunakan lahan sawah yang luas juga bisa menggunakan lahan yang sempit seperti di perkarangan rumah. Cara bertanam tomat di perkarangan rumah dapat menggunakan media pot, polybag, ataupun ditanam langsung di tanah. Dengan cara ini dinilai bisa menghemat biaya perawatan dan menambah pendapatan.

Budidaya tomat kini kian meluas dari dataran rendah hingga dataran tinggi. Produktivitas tomat yang dihasilkan dari setiap tempat pun berbeda-beda tergantung teknik budidaya yang digunakan dan benih tomat yang dipilih.  Benih tomat yang dipilih sebaiknya disesuaikan dengan ketinggian daerah budidaya. Ada jenis benih tomat yang cocok untuk dataran rendah dan ada yang khusus dataran tinggi. Jika hal ini tidak dilakukan maka produktivitas tomat yang dihasilkan akan kurang maksimal. Berikut ini ada contoh-contoh dari benih tomat baik dari dataran tinggi maupun dataran rendah :

  • Benih tomat dataran rendah : tomat F1 Tymoti, tomat F1 Betavila, tomat F1 Servo, tomat F1 Tombatu, tomat F1 Lentana, tomat F1 Tantyna, tomat F1 permata
  • Benih tomat dataran tinggi : tomat F1 Marta, tomat F1 Topan, tomat F1 Royal, tomat F1 Warani, tomat F1 Natama Super, tomat F1 Toti, tomat F1 TM Vista, tomat F1 Saviro

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang tomat dataran tinggi yaitu tomat TM Vista dan tomat Saviro. Kedua jenis tomat ini memiliki bentuk, sifat, dan karakter yang hampir sama. Tomat Saviro merupakan tomat dataran tinggi yang banyak ditanam terutama di daerah sentra tomat Sumatra seperti Berastagi, Dolok Sanggul, Kabanjahe, Tapanuli Utara, dan Toba. Tomat Saviro memang sangat dicari oleh petani tomat dataran tinggi. Namun sangat disayangkan keberadaannya sekarang sulit dicari karena kekosongan stok dari pabrik. Karena hal tersebut, petani mulai mencari tomat jenis lain yang memiiliki karakter mirip dengan tomat Saviro yaitu tomat TM Vista. Tomat TM Vista termasuk tomat tahan virus generasi baru yang memiliki sifat dan karakter tanaman serta buahnya yang mirip tomat Saviro. Untuk lebih jelasnya kita lihat ciri-ciri dari kedua jenis tomat tersebut.

  • Tomat Saviro : tipe indeterminate, berat buah 85-95 gram/buah, buah besar, potensi hasil panen 65 ton/ha, mudah perawatan, tahan pecah buah, tahan pengangkutan jarak jauh, dan tahan serangan virus.
  • Tomat TM Vista : tipe indeterminate, berat buah 90-100 gram/buah, buah besar, dapat dipanen umur 80 HST, mudah perawatan, tahan pecah buah, tahan pengangkutan jarak jauh, dan tahan virus.

Dari deskripsi tersebut dapat dilihat kesamaan dari kedua jenis tomat ini yaitu :

  • Sama-sama tomat indeterminate untuk menengah sampai dataran tinggi
  • Sama-sama benih tomat tahan virus
  • Memiliki ukuran buah dalam satu range yaitu buah besar 85-100 gram/buah
  • Memiliki bentuk buah yang sama yaitu buah besar, bulat, dan lonjong

Kedua jenis tomat ini memang mirip. Namun jika kita amati secara detail dan teliti kualitas tomat TM Vista jauh lebih unggul baik secara ketahanan hama penyakit maupun hasil dan ukuran buahnya. Tomat TM Vista sudah terbukti di lapangan memiliki tampilan produk dan potensi hasil yang lebih tinggi dibandingkan tomat Saviro. Petani tomat Saviro pun kini beralih ke tomat TM Vista. Kekosongan stock benih tomat Saviro dengan demikian mengakibatkan pasar tomat Saviro akan tergantikan oleh tomat TM Vista yang memiliki karakter mirip namun jauh lebih unggul kualitasnya.

Demikian ulasan singkat tentang Tomat Tahan Virus TM Vista Mengisi Segmen Pasar Saviro. Apabila pembaca mencari tomat Saviro tapi kosong, solusinya adalah Tomat TM Vista dari TM Seeds. Benih tomat TM Vista dari TM Seeds bisa anda dapatkan di Toko Pertanian On Line LMGA AGRO. Toko On Line LMGA AGRO menyediakan benih, pupuk, pestisida, dan sarana pertanian dengan harga murah dan terjangkau. LMGA AGRO siap mengirim ke seluruh wilayah Indonesia melalui jasa ekspedisi terpercaya seperti JNE, POS, TIKI, KI8, dsb. Kami juga melanyani konsultasi gratis budidaya tanaman hortikultura. Silakan hubungi Toko Pertanian LMGA AGRO di CP Budi, Telp. : 082 141 747 141 atau SMS/WA : 0812 5222 117.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 1 Agustus 2016 in Benih

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: