RSS

TOMAT TAHAN VIRUS LEVANA DARI TAKII SEED

12 Jul

levana, tomat levana, benih tomat, tomat tahan virus, benih tomat levana, takii seed, lmga agro, jual benih, benihTomat sebagai salah satu jenis tanaman sayur yang banyak ditanam petani dan merupakan sayuran populer konsumsi masyarakat sehari-hari. Rasa buahnya yang asam manis menjadikannya tidak hanya untuk sayuran tetapi bisa diolah menjadi beraneka ragam olahan makanan. Misalnya saja jus tomat, sambal tomat,  saus tomat, dan salad buah. Hal lain dari tomat ternyata tomat bisa digunakan sebagai bahan kecantikan seperti masker tomat, cream pencerah wajah, dan bahan spa tomat.

Besarnya tingkat permintaan buah tomat di kalangan masyarakat, menjadikan budidaya buah tomat sangat menjanjikan. Para petani pun kini mulai mengambil peluang tersebut. Memanfaatkan lahannya untuk mulai menanam tomat. Mereka berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan kualitas hasil panennya dengan menggunakan cara sistem pengelolaan tanah, pemeliharaan tanaman, hingga pengendalian organisme pengganggu tanaman secara tepat dan efisien. Dengan begitu kualitas hasil panennya pun dapat laku di pasaran dan sesuai standart pasar modern.

Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan penelitian dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang menyatakan bahwa hasil produksi tanaman tomat dan luas area budidaya tomat berbanding lurus. Dari total produksi tomat dari tahun 1998 hingga tahun 2013 mengalami peningkatan sebesar 44.8% dengan sentra produksi di Pulau Jawa. Luas area budidaya tomat pun juga terus meningkat bahkan sampai di luar Jawa.

Walaupun begitu para petani tomat masih saja memiliki kendala saat budidaya. Gejolak harga tomat yang tak menentu di pasaran dan serangan virus menjadi penyebabnya. Harga tomat yang tak menentu menyebabkan keuntungan yang diperoleh petani juga tak menentu kadang banyak dan terkadang sedikit. Untuk mencari keuntungan yang tinggi petani bisa menjualnya di pasar modern tetapi kualitas tomat yang diproduksi harus bisa memenuhi standart pasar modern. Jika tidak tomat akan dikembalikan. Cara lain untuk mencari keuntungan tinggi, petani bisa menjualnya di pasar tradisional ataupun menjualnya langsung ke konsumen tanpa perantara. Sedangkan untuk serangan virus, hal ini menjadi masalah utama yang dapat menurunkan hasil produksi tomat. Virus bahkan bisa mengakibatkan gagal panen yang sangat merugikan bagi petani.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, petani perlu memproduksi tomat yang bagus dan berstandart mutu. Hal ini dapat terwujud jika petani memperhatikan faktor pemilihan benih tomat sebelum memulai budidaya. Pemilihan benih tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan benih tomat unggulan dan tahan virus. Benih tomat ini memang solusi ampuh untuk mengatasi kualitas produksi yang tak sesuai standart dan mengatasi serangan virus. Pemilihan varietas benih ini beraneka ragam. Beberapa dari perusahaan benih pun kini telah memunculkan berbagai varian benih tomat tahan virus diantaranya ada Tomat F1Tantyna dari Cap Panah Merah, Tomat F1 Fortuna 23 dari Cap Kapal Terbang, Tomat F1 Lentana dari Cap Panah Merah, Tomat F1 Toti dari Aura Seeds, Tomat F1 Topan dari Bintang Asia, dan Tomat F1 Levana dari Takii Seed.

Benih Tomat F1 Levana dari Takii Seed bisa menjadi pilihan petani untuk memulai budidaya tomat. Benih ini memiliki beberapa karakteristik sebagai berikut:

  1. Pada tangkai daun terdapat anak daun yang berjajar di setiap ruas
  2. Kelopak buah panjang dan lurus serta ukuran ruas daun panjang
  3. Bentuk buah lonjong dengan ukuran panjang Panjang 5,79 – 6,70 cm dan diameter 4.95 – 5,62 cm
  4. Warna buah muda hijau dan warna buah tua orange dengan rasa manis
  5. Umur mulai panen 70 – 75 HST
  6. Berat buah 60,26 – 115,43 gram/buah
  7. Buah tomat F1 Levana tahan terhadap begomo virus dan virus TYLCV yang menyebabkan penyakit keriting bule
  8. Cocok ditanam di daerah dataran rendah
  9. Buah keras sehingga tahan saat penyimpanan dan pengangkutan jarak jauh

Benih Tomat F1 Levana barang kali masih langka di pasaran, tapi kualitas dari benih ini tak perlu diragukan lagi. Potensi hasil panennya sangat tinggi dan bahkan tidak menyulitkan petani saat budidaya tomat karena ketahanannya terhadap virus.

Demikian ulasan singkat tentang Tomat Tahan Virus Levana dari Takii Seed. Benih tomat tahan virus Levana dari Takii Seed bisa anda dapatkan di Toko Pertanian On Line LMGA AGRO. Toko On Line LMGA AGRO menyediakan benih, pupuk, pestisida, dan sarana pertanian dengan harga murah dan terjangkau. LMGA AGRO siap megirim ke seluruh wilayah Indonesia melalui jasa ekspedisi terpercaya seperti JNE, POS, TIKI, KI8, dan sebagainya. Kami juga melanyani konsultasi gratis budidaya tanaman hortikultura. Silakan hubungi Toko Pertanian LMGA AGRO di CP Budi : Telp. 082 141 747 141 atau SMS/WA 0812 5222 117.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 12 Juli 2016 in Benih

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: