RSS

CABAI RED KRISS TAHAN PATEK ( ANTRAKNOSA )

02 Jul

red kriss, cabai red kriss, benih, benih cabai, benih cabai tahan virus, takii seed, lmga agroCabai atau cabai merah adalah buah dan tumbuhan anggota genus Capsicum yang memiliki nama latin Capsicum annuum L. Buahnya digolongkan sebagai sayuran maupun bumbu masakan. Penggunaan buah cabai sebagai bumbu masakan sangat populer terutama di negara-negara Asia Tenggara. Buahnya yang memiliki cita rasa pedas sehingga menambah sedap dan lezat pada makanan. Kebiasaan orang-orang mengonsumsi cabai seperti tak ada bosannya. Hampir setiap hari, cabai di pasaran laku terjual dibeli masyarakat. Cabai memang komoditi hortikultura yang paling laris di pasaran. Permintaannya tak pernah sepi. Dengan begitu, hal ini memberikan peluang besar bagi para petani hortikultura untuk membudidayakan cabai.

Budidaya cabai sangat cocok dilakukan di daerah tropis seperti di negara kita Indonesia. Di Indonesia, area penanaman cabai tersebar luas di dataran rendah hingga di dataran tinggi. Tanaman cabai membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk pertumbuhannya serta media tanam yang kaya akan unsur – unsur hara. Suhu yang optimal untuk pertumbuhan cabai sekitar 24-28 derajat celcius. Jika suhu terlalu dingin dibawah 15 derajat atau terlalu panas diatas 32 derajat, maka pertumbuhan cabai akan terganggu.

Budidaya cabai sangat rentan terhadap kondisi cuaca yang berubah-ubah dan serangan hama penyakit. Salah satu penyakit berbahaya yang menyerang tanaman cabai adalah Patek ( Antraknosa ). Jenis penyakit ini sangat merepotkan petani dan bahkan bisa menimbulkan kerugian yang besar. Patek atau Antraknosa pada cabai disebabkan oleh jamur Collectrotichum sp. dan Gloesperium sp. Tanaman yang sudah terinfeksi akan bertambah parah pada saat musim hujan karena penyebaran jamur ini membutuhkan perantara air. Jamur tidak akan menyebar jika kondisi kering. Penyakit ini bukan hanya menyerang buah cabai saja tapi juga batang dan daunnya. Serangan pada batang menyebabkan batang layu dan kering. Sedangkan serangan pada daun menyebabkan daun timbul bercak-bercak coklat kehitaman, daun menguning, dan rontok.

Pada buah cabai yang terinfeksi, gejala muncul ditandai dengan adanya bintik hitam yang semula kecil lama-kelamaan menjadi bulatan besar. Pada pucuk buah akan mengering dan mengerut kemudian menyebar keseluruh buah hingga tangkainya menjadi kuning dan rontok. Serangan penyakit ini juga bisa berawal dari benih yang ditanam berasal dari tanaman yang terinfeksi.

Penanggulangan patek / antraknosa pada cabai bisa dilakukan dengan cepat jika kita rutin mengontrolnya setiap hari sehingga gejala serangan ini bisa segera terdektesi. Selain itu, untuk meminimalisasi resiko kegagalan panen akibat serangan tersebut bisa dilakukan dengan pemilihan benih cabai yang tepat. Benih cabai yang hendak ditanam sebaiknya memiliki ketahanan terhadap serangan patek. Untuk rekomendasi, salah satu benih cabai yang tahan patek / antraknosa adalan benih cabai Red Kriss.

Cabai Red Kriss adalah jenis cabai keriting hibrida dari Takii Seed. Cabai Red Kriss cocok ditanam didataran rendah hingga tinggi. Ketahanannya terhadap patek / antraknosa menjadikan cabai ini sangat cocok terutama untuk daerah yang sudah endemik virus. Adapun deskripsi dari Cabai Red Kriss adalah sebagai berikut :

  1. Panjang buah 16-18 cm
  2. Diameter buah 0,7-0,9 cm
  3. Ujung buah lurus dan tidak menguning
  4. Warna buah tua merah merata dan mengkilat
  5. Tahan terhadap patek / antraknosa dan layu bakteri ( Bacterial Wilt )
  6. Potensi hasil panen 27 ton/ha

Benih cabai Kriss dari Takii Seed tersedia dalam kemasan 10 gram. Benih Cabai Red Kriss Tahan Patek ( Antraknosa ) bisa anda dapatkan di Toko Pertanian On Line LMGA AGRO. Toko On Line LMGA AGRO menyediakan benih, pupuk, pestisida, dan sarana pertanian dengan harga murah dan terjangkau. LMGA AGRO siap mengirim keseluruh wilayah Indonesia melalui jasa ekspedisi terpercaya seperti JNE, POS, TIKI, KI8, dsb. Kami juga melanyani konsultasi gratis budidaya tanaman hortikultura. Silakan hubungi Toko Pertanian LMGA AGRO di CP Budi : Telp. 082 141 747 141 atau SMS/WA 0812 5222 117.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 2 Juli 2016 in Benih

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: