RSS

TOMAT TM VISTA GENERASI BARU DI DATARAN TINGGI TAHAN VIRUS

17 Jun

tm vista lmga agro, tm vista, tomat tm vista, benih, benih tomat, benih tahan virus, lmga agro, tm seeds, jual benihTanaman tomat termasuk jenis tanaman perdu yang mempunyai nama latin Lycopersicum esculentum Mill, dapat tumbuh dengan tinggi 1-3 meter.  Tanaman ini merupakan tanaman asli Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru dan sekarang keberadaannya telah tersebar luas ke seluruh penjuru dunia dengan berbagai macam jenis. Tomat tergolong tumbuhan semusim yang memiliki siklus hidup singkat dalam artian hanya dapat diproduksi untuk satu kali periode panen . Untuk itu para petani tomat perlu melakukan proses pembibitan kembali agar budidaya tomatnya tetap berlanjut.

Budidaya tomat tidaklah sulit, dimulai dari persiapan lahan, pemilihan benih, pembibitan, pemupukan, pemberantasan hama, pemeliharaan sampai dengan penanganan hasil panen. Semuanya perlu dilakukan secara serius dan konsisten.Tomat dapat tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi tergantung jenisnya. Budidaya tanaman ini dapat dilakukan dengan berbagai cara ada yang ditanam langsung di kebun, menggunakan mulsa, ataupun secara hidroponik. Hanya saja ada hal lain yang mesti harus diperhatikan dalam budidaya tanaman ini yaitu serangan hama dan penyakit. Hal ini menjadi kendala utama atau momok bagi petani yang menyebabkan petani bisa gagal panen. Serangan hama dan penyakit yang paling sering terjadi dalam budidaya tomat  memiliki gejala seperti berikut :

  • Daun tomat menggulung dan mengeras
  • Tektur daun menjadi kasar
  • Daun menjadi lebih tebal dibandingkan daun yang normal
  • Daun akan menguning / klorosis dan mengkerut/keriting

Serangan dari penyakit ini disebabkan oleh virus Tomato Yellow Leaf Curl Virus (TYLCV) atau virus kuning. Gejala yang timbul tersebut hanya dapat terjadi pada daun baru yang terbentuk setelah tanaman terinfeksi. Hal ini menyebabkan tanaman akan tampak kerdil dan buah yang dihasilkan pun tidak normal serta berukuran kecil. Serangan virus ini biasa disebut petani dengan istilah penyakit keriting bule.

Penyakit keriting bule dapat diatasi dengan melakukan pemilihan benih – benih tomat tahan virus. Selain itu pemilihan benih-benih tomat  perlu diperhatikan apakah benih tersebut cocok ditanam di dataran tinggi atau rendah. Hal ini dikarenakan, setiap benih memiliki daya adaptasi dan ketahanan terhadap lingkungan yang berbeda-beda tergantung jenisnya. Untuk daerah yang endemik virus, pemilihan benih tahan virus sangatlah cocok agar budidaya tomat tetap berjalan lancar dan terhindar dari gagal panen.

Untuk saat ini, benih tomat tahan virus masih belum banyak diproduksi, hanya sebatas perusahaan benih besar saja yang telah memproduksinya. Beberapa dari benih tersebut yang telah beredar dipasaran diantaranya ada Tomat F1 Tymoti dari Cap Panah Merah, Tomat F1 Servo dari Cap Panah Merah, Tomat F1 Toti dari Aura Seed, Tomat F1 Royal 58 dari Cap Kapal Terbang, Tomat F1 Saviro dari SG Seed dan Tomat F1 TM Vista dari TM Seeds.

tm vistaSalah satu benih tomat yang bisa menjadi solusi untuk mengatasi serangan hama dan penyakit yaitu Benih Tomat F1 TM Vista dari TM Seeds. Benih ini semakin hari makin populer dicari petani. Karena ketahanannya terhadap virus yang bagus dan hasil panennya pun tinggi. Berikut adapun karakteristik dari Tomat F1 TM Vista diantaranya :

  1. Tomat F1 Vista merupakan tomat tipe indeterminate
  2. Dapat ditanam di dataran menengah sampai dataran tinggi
  3. Bentuk buah bulat oval dengan warna muda hijau
  4. Berat buah 90-100 gram/buah
  5. Dapat dipanen mulai umur 80 HST
  6. Tomat F1 TM Vista tahan terhadap serangan virus dan penyakit bule
  7. Buah tebal dan keras sehinggan tahan pengangkutan jarak jauh
  8. Benih tomat F1 TM Vista tersedia dalam kemasan 10 gram

Benih Tomat F1 TM Vista dari TM Seeds termasuk salah satu varietas benih baru tahan virus yang direkomendasikan untuk dataran tinggi. Potensi pasarnya pun masih cukup lebar dimana kebutuhan masyarakat akan buah tomat untuk konsumsi sehari-hari sangatlah tinggi.

Benih Tomat F1 TM Vista generasi baru tomat dataran tinggi tahan virus bisa anda dapatkan di Toko Pertanian On Line LMGA AGRO. Toko On Line LMGA AGRO menyediakan benih, pupuk, pestisida, dan sarana pertanian dengan harga murah dan terjangkau. LMGA AGRO siap mengirim ke seluruh wilayah Indonesia melalui jasa ekspedisi terpercaya seperti JNE, POS, TIKI, KI8, dan sebagainya. Kami juga melanyani konsultasi gratis budidaya tanaman hortikultura. Silakan hubungi Toko Pertanian LMGA AGRO di CP Budi : Telp. 082 141 747 141 atau SMS/WA 0812 5222 117.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 17 Juni 2016 in Benih

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: