RSS

BUDIDAYA TERONG DISEGALA MUSIM DENGAN BENIH TERONG HIJAU KUAT

12 Jun

hijau kuat, terong, benih terong, terong hijau, benih terong hijau kuat, known you seed, lmga agro, jual benihTerong merupakan tanaman jenis perdu yang sering ditanam secara tahunan dan tergolong dalam keluarga Solanaceae dan genus Solanum. Tumbuhan ini berasal dari India dan Sri Langka serta berkerabat dekat dengan tomat, kentang dan paprika. Buahnya biasa dijadikan sayuran yang memiliki nilai gizi yang cukup tinggi.

Terong memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh. Terong mengandung antioksidan yang berkhasiat untuk mencegah sel kanker, anti mikroba, dan anti virus untuk imunitas tubuh. Serat pada buah dan kulit terong juga sangat bermanfaat untuk menjaga kulit dan rambut agar tetap sehat, serta dapat mengobati kanker usus besar.

Di Indonesia, tingkat konsumsi terong cukuplah tinggi tetapi tidak setinggi dan sefavorit tanaman cabai, tomat dan  bawang. Walaupun begitu, permintaan pasar akan terong masih tinggi. Terbukti dengan bermunculan berbagai macam rumah makan yang menyajikan aneka olahan terong yang lezat dan nikmat. Olahan sayur terong yang paling populer yaitu sambal terong dan balado terong.  Dari data lain, menurut Badan Pusat Statistik menunjukan bahwa Data Produksi Terong Nasional mengalami kenaikan dari tahun ke tahunnya. Pada tahun 2012 produksi terong sebesar 518.827 ton, tahun 2013 sebesar 545.646 ton, dan tahun 2014 sebesar 557.053 ton. Kenaikan produksi ini menunjukan bahwa semakin bertambahnya minat petani untuk menanam terong dan semakin baik teknik budidaya serta kualitas benih yang dipakai. Hal ini bisa menjadi peluang besar bagi petani untuk membudidayakan terong. Budidaya terong sangat mudah dan tidak perlu penanganan yang rumit. Terong dapat tumbuh di dataran rendah dan tinggi dengan ketinggian 1-1200 meter dpl dan suhu optimum 18-25 derajat celcius. Untuk pembentukan warna buah, terong memerlukan pencahayaan yang cukup. Waktu penanaman terong yang tepat adalah pada awal musim kemarau. Hal penting yang harus diperhatikan dalam budidaya terong adalah pemilihan benih. Benih yang dipakai haruslah benih unggulan yang tahan terhadap serangan hama dan penyakit agar budidaya terong tidak merugi.

Benih-benih unggul yang bisa dipakai petani salah satunya adalah benih terong hibrida yang saat ini telah banyak diproduksi oleh produsen benih pabrikan diantaranya ada terong hibrida hijau, terong ungu, dan terong bulat (terong lalap). Contoh benih dari jenis terong tersebut misalnya terong hijau F1 Hijau Kuat dari Known You Seed, terong hijau F1 Milano dari Cap Panah Merah, terong ungu F1 Lezata dari Cap Panah Merah, terong ungu F1 Prince dari Cap Kapal Terbang, dan terong lalap F1 Kenari dari Bintang Citra Asia.

Terong hijau saat ini menjadi yang favorit di kalangan petani. Salah satu jenisnya yang terkenal adalah terong hijau F1 Hijau Kuat dari Known You Seed Taiwan. Dari namanya saja terong hijau F1 Hijau Kuat bisa kita lihat bahwa terong ini termasuk salah satu jenis terong hibrida yang pastinya kuat dan tahan di segala musim maupun dari serangan hama dan penyakit. Terong ini memiliki karakteristik sebagai berikut :

  1. Tanaman terong F1 Hijau Kuat mempunyai percabangan yang banyak dan produktif
  2. Persentase bunga menjadi buah tinggi
  3. Mempunyai potensi hasil 5,5 kg/batang
  4. Ukuran buah panjang 28 cm dengan diameter 45 cm dengan bentuk silendris.
  5. Tanaman ini toleran terhadap serangan bakteri
  6. Umur panen 60 HST
  7. Daging keras dan buah mudah jadi
  8. Kebutuhan benih 200 gram/Ha dan tersedia dalam kemasan 5 gram/sachet

Benih terong hijau F1 Hijau Kuat sangat cocok untuk menjadi pilihan petani untuk mulai budidaya terong. Terong ini dapat tumbuh dengan baik di segala musim dan daya tahannya yang tinggi. Hasil panen dari terong ini bisa sangat memuaskan petani dan potensi pasarnya pun cukuplah luas.

Demikian ulasan singkat tentang Budidaya Terong di Segala Musim dengan Benih Terong Hijau Kuat, semoga bisa menambah pengetahuan kita  dan menjadi referensi untuk tanaman budidaya kita. Benih Terong F1 Hijau Kuat dari Known You Seed bisa Anda dapatkan di Toko Online LMGA AGRO. Toko Pertanian Online LMGA AGRO menyediakan benih, pupuk, pestisida, dan sarana pertanian dengan harga murah dan terjangkau. LMGA AGRO siap mengirim ke seluruh wilayah Indonesia melalu jasa ekspedisi terpecaya seperti JNE, POS, TIKI, KI8, dsb. Kami juga melanyani konsultasi gratis budidaya tanaman hortikultura. Silakan hubungi Toko Pertanian LMGA AGRO di CP Budi : Telp. 082 141 747 141 atau SMS/WA 0812 5222 117.

 
4 Komentar

Ditulis oleh pada 12 Juni 2016 in Benih

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

4 responses to “BUDIDAYA TERONG DISEGALA MUSIM DENGAN BENIH TERONG HIJAU KUAT

  1. abdurrohim

    19 Juni 2016 at 3:34 am

    cara mendapatkan bibitnya gimana

     
    • lmgaagro

      20 Juni 2016 at 4:36 am

      Bapak bisa memesannya di LMGA AGRO dengan menghubungi HP 082 141 747 141 (Budi) melalui Telp/SMS/WA. Terima Kasih.

       
  2. maulana

    14 September 2016 at 7:52 am

    Bagaimana cara dapat bibitnya, soalnya saya tinggal di papua. Terimakasih.

     
    • lmgaagro

      15 September 2016 at 5:01 am

      Bapak bisa langsung menghubungi LMGA AGRO di CP Bpk. Budi Telp.: 082 141 747 141 atau SMS/WA : 0812 5222 117. Terimakasih.

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: