RSS

CABAI KERITING HIBRIDA GENJAH, IGGO CAP KAPAL TERBANG

23 Feb

cabai iggo, cabai keriting, cabai, cabi f1 iggo, lmga agro, jul benih murah, cap kapal terbangCapsicum annuum atau yang lebih dikenal dengan cabai adalah salah satu komoditas hortilkultura andalan di Indonesia. Produksi cabai terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Data BPS terbaru menyebutkan produksi cabai di tahun 2014 mencapai 1,075 juta ton, naik 6,09% dari tahun 2013. Kenaikan ini disebabkan oleh kenaikan produktivitas sebesar 0,19 ton per hektar (naik 2,33%) dan peningkatan luas panen sebesar 4,62 ribu hektar (naik 3,73%) dibandingkan tahun 2013 (www.bps.go.id). Data tersebut menunjukkan bahwa area budidaya cabai mengalami perluasan dan produktifitas tanaman cabai persatuan luas mengalami peningkatan. Harga cabai akan meningkat sangat tajam disaat pasokan cabai menurun atau di saat hari besar keagamaan. Dan harga cabai akan menurun disaat panen raya. Akan tetapi hal tersebut  tidak membuat petani surut untuk menanam cabai. Hal ini dikarenakan kultur masyarakat Indonesia yang menggunakan cabai hampir disetiap resep masakan. Konsumsi cabai menjadi salah satu kebutuhan sehari-hari bagi sebagian besar masyarakat Indonesia.

Peningkatan produktifitas tanaman cabai persatuan luas ini menunjukkan bahwa selain semakin baiknya pengetahuan petani akan teknik budidaya cabai, juga karena kualitas benih cabai yang semakin baik. Semakin meningkatnya luas area penanaman cabai mendorong produsen benih berlomba-lomba memproduksi benih cabai. Baik cabai besar, cabai rawit maupun cabai keriting. Ketatnya persaingan benih cabai menjadikan produsen berusaha mengeluarkan benih cabai yang diharapkan mampu menjawab permasalahan petani dilapang dan menghasilkan buah yang bisa diterima oleh pedagang dan konsumen akhir. Salah satunya adalah benih cabai keriting. Beberapa perusahaan benih nasional telah mengeluarkan benih cabai keriting hibrida dengan segala keunggulannya. Diantaranya Cabai Flash 750 dan Cabai Rimbun 3 Cap Kapal Terbang, Cabai Lado dan Cabai Kastilo dari Panah Merah dan Cabai Kiyo Cap Mutiara Bumi.

Salah satu cabai keriting yang baru dilepas dipasaran adalah Cabai Keriting F1 Iggo Cap Kapal Terbang. Cabai Iggo adalah cabai keriting hibrida baru yang diluncurkan oleh BISI International. Cabai keriting Iggo memiliki keunggulan tahan terhadap serangan virus, sehingga diharapkan mampu diterima petani terutama di daerah sentra penanaman cabai yang endemik virus. Cabai Iggo ini juga memiliki keunggulan umur panennya yang genjah. Dengan umur panen yang pendek akan mengurangi biaya perawatan dan tentu saja secara ekonomi sangat menguntungkan bagi petani cabai. Cabai Iggo memiliki deskripsi diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Vigor tanaman Cabai Iggo kokoh dan tegak dengan percabangan banyak dan buah yang lebat
  • Tanaman Cabai F1 Iggo toleran penyakit layu bakteri, virus, hama Thrips dan Aphid.
  • Cabai F1 Iggo direkomendasikan untuk dataran rendah hingga menengah.
  • Buah Cabai Iggo keriting dengan panjang kurang lebih 16 cm, diameter 1 cm, kulit buah berwarna hijau dan menjadi merah mengkilat saat masak
  • Umur panen kurang lebih 70 hari setelah pindah tanam dengan potensi hasil kurang lebih 19,8 ton/ha
  • Buah Cabai Iggo cukup lentur dan tidak mudah patah, baik untuk pengiriman jarak jauh
  • Dengan jarak tanam 60×60 cm, kebutuhan benihnya 100-150 gram / hektar

Dengan keunggulan tersebut diatas, Cabai Keriting Hibrida Genjah Iggo Cap Kapal Terbang diharapkan mampu bersaing dengan benih cabai keriting hibrida lainnya yang telah lebih dahulu beredar dipasaran. Cabai F1 Iggo dipasarkan dalam kemasan 10 gram / sachet. Benih Cabai Keriting Iggo bisa didapatkan di Toko On Line LMGA AGRO. LMGA AGRO menyediakan benih, pupuk, pestisida dan sarana pertanian lainnya dengan harga murah dan terjangkau. LMGA AGRO siap mengirim ke seluruh wilayah Indonesia. LMGA AGRO juga melayani konsultasi Gratis budidaya tanaman hortikultura. Hubungi LMGA AGRO di CP Budi : Telp. 082 141 747 141 atau SMS/WA 0812 5222 117.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 23 Februari 2016 in Benih

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: