RSS

UNTUNG BESAR BUDIDAYA BENIH MELON TAHAN VIRUS

10 Feb

Sepanjang tahun 2015 toko pertanian LMGA AGRO yang telah memiliki banyak pelanggan petani Hortikultura di seluruh Indonesia banyak menerima keluhan dari petani melon dari berbagai sentra produksi melon di tanah air. Keluhan itu terutama tentang adanya serangan Virus Gemini ( Bemesia tabaci ) atau orang awam menyebut dengan nama Kutu Kebul. Kegagalan ini dari hari ke hari semakin besar dan seringkali melanda saat tanaman melon masih berumur 10 – 14 hari setelah tanam. Mengingat akan keluhan terhadap penyakit yang banyak di derita oleh petani melon tersebut maka kami selaku Toko Pertanian On Line juga berkewajiban menyebarkan informasi  apabila ada benih baru yang tahan terhadap serangan Gemini Virus. Penyampaian informasi baru sesegera mungkin diharapkan bisa memperkecil kerugian petani melon di Indonesia akibat serangan virus.

Apabila petani melon di seluruh Indonesia segera mendapat informasi dan bisa menggunakan benih Tahan Virus tersebut maka tentunya kerugian yang disebabkan oleh adanya serangan Virus bisa dicegah dan segera dikurangi. Seperti kita ketahui bersama bahwa dana yang dibutuhkan untuk Budidaya melon saat ini adalah berkisar Rp. 60.000.000,- / Ha. Jadi bisa dibayangkan jika petani mengalami kegagalan dalam Budidaya melon maka dipastikan akan sangat sulit untuk bisa bangkit lagi untuk Budidaya dengan luasan yang sama. Kita semua tentunya mengetahui bahwa sejak tahun 2001 penyebab kegagalan Budidaya melon adalah Serangan Virus kuning dan Virus keriting yang disebabkan oleh serangan Gemini Virus. Dimana sebelumnya penyakit yang menakutkan adalah serangan layu akibat fusarium dan layu bakteri.

Saat ini telah ditemukan Varietas tanaman melon yang sudah terbukti secara nyata tahan terhadap serangan Virus. Produk benih Varietas melon tersebut antara lain adalah :

  • BENIH VARIETAS TANAMAN MELON TAHAN GEMINI VIRUS
  1. Perusahaan benih PT. Bisi International ( Cap Kapal Terbang ) memperkenalkan benih melon tahan Gemini Virus Melindo 14 dan benih melon Varietas Melindo 15
  2. Perusahaan Benih PT. East West Seed Indonesia ( Cap Panah Merah ) memperkenalkan benih melon tahan Gemini Virus yaitu melon Hibrida Gracia ( melon dengan daging Hijau ) dan melon tahan Virus Hibrida Madesta dengan tipe Rock Melon ( melon berdaging orange )
  3. Perusahaan Benih Bintang Citra Asia atau petani lebih mengenal dengan nama BCA juga sudah memperkenalkan hasil penelitian melon tahan Virusnya yaitu melon dengan daging hijau yang bernama Melon Hibrida Melani sedangkan melon dengan tipe Rock Melon ( daging Orange ) diberi naman melon Hibrida Okasa

Dengan ditemukannya benih yang tahan terhadap serangan Gemini Virus tersebut menjadi keuntungan tersendiri bagi petani karena nantinya kegagalan Budidaya tanaman melon akan semakin kecil. Tentunya kita tidak perlu meragukan kemampuan perusahaan benih Nasional kita dalam menemukan dan merakit Varietas benih tanaman melon yang tahan Virus.

Tugas berikutnya ada di tangan petani di mana kita harus jeli, teliti dan mengamati benih mana yang memberikan resiko terkecil terhadap serangan Virus dan memberi hasil satuan berat yang tinggi serta di respon dengan baik oleh pasar saat panen. Tentunya Varietas melon tahan Virus mulai dari Melindo 14, Melindo 15, Melani, Okasa, Gracia sampai dengan Madesta harus betul – betul diamati dengan benar mana yang bisa memberi hasil keuntungan yang tertinggi dan terbesar bagi petani yang menanam.

Pengamatan benih tanaman melon tahan  Virus itu meliputi hasil persatuan luas, Ketahanan terhadap Virus terutama saat budidaya di bulan September ( puncak serangan virus ), Respon dan ketahanan buah saat di ETHREL, Tingkat perubahan kekerasan saat buah diangkut ( dikirim ) jarak jauh, Bentuk buah, Ketebalan dan rata Net buah, tingkat kemanisan buah ( Brix ), serta tangkai buah apakah mudah lepas atau tidak. Parameter tersebut adalah parameter dominan dan seringkali dijadikan dasar benih melon tersebut bisa diterima petani dan pasar. Penulis yakin apabila melon yang dikeluarkan perusahaan benih tersebut memenuhi kriteria tahap uji yang penulis sampaikan, maka hampir bisa dipastikan benih akan banyak ditanam dan dipakai oleh petani dengan cepat.

Semoga dengan bahasan benih melon tahan Virus Melani, Benih Melon Okasa, Benih Melon Melindo 14, Benih Melon Melindo 15, Benih Melon Gracia serta Benih Melon Madesta yang sudah memiliki ketahanan Virus tersebut, maka petani dan praktisi di seluruh Indonesia membaca tulisan ini dan bisa segera mempraktekan Budidaya Melon dengan menggunakan benih melon tahan Virus Gemini tersebut. Dengan penggunaan benih tahan virus kerugian yang ditimbulkan karena rusaknya tanaman melon akibat serangan Virus bisa dihindarkan.

Demikian sekilas Informasi mengenai melon tahan virus. Apabila membutuhkan keterangan lebih lanjut serta membutuhkan benih tahan Virus yang disebutkan di atas bisa menghubungi Toko Pertanian On Line LMGA AGRO ( Agen, Dealer serta Distributor ) benih On  Line yang siap mengirim ke seluruh Indonesia. Selain benih kami juga menyediakan sarana pertanian yang lain seperti Obat, Pupuk, Alat dan sarana Pertanian dengan harga Grosir.  Toko Pertanian On Line LMGA AGRO juga melayani Konsultasi Budidaya Gratis dengan cara menghubungi CP Budi : Telp. 082 141 747 141 atau SMS/WA 0812 5222 117.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 10 Februari 2016 in Peluang budidaya

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: