RSS

MERAUP UNTUNG BUDIDAYA KENIKIR

03 Feb

Benih, benih kenikir, murah, budidaya kenikir, lmga agro, toko pertanian, jual benih

Benih Kenikir

Tanaman sayuran indigenous merupakan tanaman yang berasal dari suatu wilayah atau ekosistem tertentu kemudian diperkenalkan dan dapat beradaptasi dengan kondisi lingkungan asli Indonesia sehingga dapat dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Tanaman sayuran indigenous pada umumnya dikenal terlebih dahulu oleh masyarakat karena khasiatnya sebagai obat, kemudian dalam perkembangannya masyarakat mulai mencoba mengkonsumsinya sebagai sayuran. Tanaman sayuran indigenous pada umumnya memiliki kandungan nutrisi yang hampir sama dengan tanaman sayuran lain seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin, serat, dan mineral.

Kenikir (Cosmos caudatus) merupakan sayuran indigenous berasal dari Amerika tropis yang tersebar luas di daerah tropis. Tanaman kenikir dapat tumbuh dengan baik di Indonesia sehingga sayuran ini juga tersebar di beberapa daerah di Indonesia. Nama lain dari kenikir adalah Ulam Raja yang artinya sayuran raja yang dipakai di bahasa Melayu, randa midang (Jawa Barat) dan daun suring ( Medan ). Tinggi tanaman kenikir bisa mencapai 2.5 m, merupakan tanaman setahun dengan daun – daun yang sederhana. Daun tanaman kenikir tersusun bergantian sepanjang batang tanaman dengan bentuk ovate and pinnatisect atau bulat telur dan anak-anak daun tidak terpisah secara nyata pada tulang daun utama. Bunga-bunga mempunyai banyak petal, di Negara subtropis berbunga dari bulan Juni sampai dengan Oktober, sedangkan di daerah tropis seperti Indonesia, bisa tumbuh sepanjang tahun. Biji tanaman kenikir berbentuk seperti jarum berwarna hitam. Tanaman kenikir menyukai tempat tumbuh yang langsung terkena sinar dengan air yang cukup.

Daun kenikir memiliki manfaat sebagai penambah nafsu makan, obat lemah lambung dan untuk mengusir serangga. Manfaat daun kenikir untuk penambah nafsu makan dipakai + 100 gram daun segar kenikir, dicuci, dimakan sebagai lalap. Daun kenikir mengandung saponin, flavonoida dan polifenol, ditambah minyak atsiri. Daun kenikir memiliki manfaat sebagai sayuran berkhasiat obat karena memiliki kemampuan menetralisasikan radikal bebas.

Jenis kenikir yang dapat dimakan adalah Cosmos caudatus dengan bunga berwarna merah muda dan berukuran kecil, jenis lain adalah Cosmos sulphureus dengan rasa daun yang berbeda. Kenikir (Cosmos caudatus) yang cukup akrab di telinga masyarakat Jawa, daun ini sering dijadikan salah satu pelengkap sayuran pada pecel juga dapat dibuat sayur lodeh. Bagi orang Sunda, sering dipakai sebagai lalap atau trancam. Daun kenikir memiliki aroma yang cukup khas, sedikit wangi dan rasa yang agak getir.

Budidaya tanaman kenikir sangat mudah untuk dilakukan dapat dibudidayakan di lahan yang luas maupun hanya dibudidayakan di perkarangan rumah. Kenikir biasa dibudidayakan menggunakan benih. Benih kenikir cukup ditebar saja diatas media tanam dan sehari setelah ditebar akan langsung berkecambah. Sebaiknya saat akan budidaya kenikir benih disemai terlebih dahulu di tray semai. Setelah 2 minggu atau telah tumbuh 3-4 daun kenikir dipersemaian dapat dipindah pada lahan budidaya. Kenikir dipanen pada bagian pucuk untuk dikonsumsi sebagai sayur maupun lalapan. Kenikir dapat dipanen setelah berumur 3 minggu setelah tanam, dan kelebihan tanaman kenikir ini adalah pucuk kenikir dapat dipanen secara berulang selang 1-2 minggu sampai tanaman tidak produktif. Keunggulan lainnya, tanaman kenikir mudah tumbuh, tidak sulit pemeliharaannya dan bebas organisme pengganggu tanaman.

Tanaman kenikir selama ini masih belum banyak yang menanam atau membudidayakan secara produktif untuk tujuan di konsumsi, obat herbal maupun produksi benihnya. Hal ini dikarenakan tanaman kenikir belum banyak tersedia di pasaran sehingga pamor kenikir juga belum bisa mengalahkan sayuran favorit seperti bayam, kangkung, sawi, atau sayuran lainnya. Sebagai sayuran fungsional dan sayuran indigenous, kenikir merupakan tanaman yang perlu untuk dibudidayakan secara berkelanjutan sebagai obat dan pelengkap gizi bagi manusia. Mengingat kenikir sangat mudah dalam hal budidaya dan potensi kenikir yang dapat dipanen pucuknya secara berulang ini maka akan sangat menguntungkan apabila kenikir dapat dibudidayakan dan dapat dikenalkan pada masyarakat sebagai salah satu sayuran favorit.

Meraup untung budidaya kenikir bukanlah hal yang mustahil. Budidaya kenikir dengan bedengan ukuran 90 m x 10 m bisa menghasilkan pendapatan kurang lebih sebesar  Rp. 420.000 tiap panen. Panen yang berulang dan permintaan yang meningkat menjadikan budidaya kenikir bisa menjadi salah satu pilihan untuk menambah penghasilan. Hasil Survey dan pengamatan penulis di Pasar Induk Sayur pun dari hari ke hari permintaan akan daun kenikir ( ulam raja ) untuk konsumsi segar ini semakin tinggi. Pada saat saya melakukan survey di Pasar Induk Sayur Petani 4 tahun lalu, dalam sehari panen daun kenikir (ulam raja) ini hanya 2 – 3 gerobak FUKUDA ( Motor Roda 3 ) dan saat ini setelah 4 tahun kemudian, permintaan atau petani yang menjual dan mengirim daun kenikir di Pasar Induk Sayur yang sama sudah mencapai 20 – 25 gerobak FUKUDA ( Motor Roda 3 ). Berdasarkan data tersebut dapat di katakan bahwa dalam waktu 3 tahun permintaan daun kenikir ini meningkat hampir 800%.

Pangsa pasar yang cukup terbuka dan potensi panen secara berulang membuat kenikir akan menjadi primadona baru dikalangan sayuran. Terbukti dengan banyaknya penelitian mengenai kenikir, baik itu mengenai kandungan kimia maupun produksi pucuk kenikir. Maka benih kenikir juga akan banyak dicari sebagai bahan perbanyakan tanaman kenikir. Benih kenikir yang paling baik untuk disemai adalah benih yang baru saja dipanen dari bunga yang kering. Tetapi benih kenikir memiliki viabilitas (daya tumbuh) yang baik walaupun sudah disimpan agak lama. Benih kenikir bisa didapatkan di Toko On Line Pertanian LMGA AGRO. LMGA AGRO menyediakan benih, pupuk, pestisida dan peralatan pertanian dengan harga murah dan terjangkau. Benih kenikir tersedia dalam kemasan 500 gram. Apabila berminat Silakan hubungi CP Budi : Telp. 082 141 747 141 atau SMS/WA 0812 5222 117. LMGA AGRO juga melayani konsultasi gratis budidaya pertanian.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 3 Februari 2016 in Peluang budidaya

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: