RSS

SELEDRI SUMMER, SELEDRI DATARAN RENDAH

11 Jan

Benih, Bibit, Seledri, Dataran rendah, Summer, Dealer, Agen,Distributor, LMGA AGRO, Harga Murah Seledri (Apium graveolens L) adalah tanaman setahun yang sudah dikenal baik dikalangan masyarakat Indonesia. Bagian yang umum digunakan untuk konsumsi adalah daunnya. Seledri sendiri berbentuk rumput dengan batang pendek, daunnya berlekuk-lekuk dengan tangkai daun yang panjang. Seledri merupakan komoditas sayuran yang banyak digunakan untuk penyedap makanan dan penghias pada hidangan. Pada saat ini tanaman seledri banyak ditanam tidak hanya oleh petani tapi juga oleh rumah tangga untuk memanfaatkan halaman sekitar rumah.

Selain sebagai bahan penyedap makanan dan penghias hidangan, manfaat daun seledri sebagai obat penurun kadar kolesterol diperoleh dari kandungan asam lemak tidak jenuhnya. Pada pengobatan tradisional, sari air herba daun seledri telah digunakan sebagai obat anti hipertensi dan khasiat tersebut telah dibuktikan oleh peneliti terdahulu. Ekstrak biji seledri mempunyai manfaat sebagai obat. Seledri mengandung nilai kalori yang tinggi dengan vitamin B dan C rendah. Di Indonesia, seledri dimanfaatkan sebagai penyegar untuk campuran makanan. Setiap sayuran memang mempunyai kandungan zat obat tertentu yang bermanfaat bila dikonsumsi secara terus – menerus. Terlebih untuk seledri, penderita hipertensi dapat mengonsumsi daun seledri untuk pencegahan gejala yang lebih buruk.

Untuk memenuhi kebutuhan daun seledri maka budidaya seledri harus diketahui dengan baik. Budidaya seledri sangat baik di dataran tinggi 1000-1200 m dpl, tetapi saat ini di dataran rendah pun seledri juga dapat tumbuh dengan adanya benih seledri untuk dataran rendah. Seledri juga kurang tahan hujan oleh karena itu curah hujan optimum berkisar 60-100 mm/bulan

Seledri dapat dibedakan menjadi tiga jenis yaitu seledri daun, potong, dan umbi.

  1. Seledri daun (A. graveolens L. var. secalinum Alef.) : batang dan daun relatif kecil, dipanen dengan cara dicabut bersama akarnya atau dipotong tangkainya; seledri jenis ini menyukai tanah yang agak kering sehingga lebih baik ditanam pada akhir musim hujan
  2. Seledri potong (A. graveolens L. var sylvestre Alef.) : batang dan daunnya relatif besar, dipanen dengan cara memotong batangnya. Jenis seledri ini menyukai tanah yang mengandung pasir atau kerikil dan banyak air asalkan tidak menggenang.
  3. Seledri umbi (A. graveolens L. var rapaceum Alef.) : batang dan daunnya relatif besar, dipenen hanya daunnya.

Dari beberapa jenis seledri yang ada, jenis seledri yang paling banyak ditanam di Indonesia adalah jenis seledri daun. Karena konsumsi orang Indonesia memang kebanyakan pada daun seledri yang dibuat sebagai campuran dan penyedap masakan. Seledri daun dipanen dengan memetik batang 1-2 minggu sekali atau mencabut seluruh tanaman, seledri potong dengan memotong tanaman pada pangkal batang secara periodik sampai pertumbuhan anakan berkurang, seledri umbi dipanen dengan memetik daun-daunnya saja dan dilakukan secara periodik sampai tanaman kurang porduktif.

Seledri dapat diperbanyak secara generatif dengan benih (biji) atau vegetatif dengan anakan. Untuk tujuan komersil tanaman seledri dapat diperbanyak dengan benih (biji). Benih berasal dari varietas unggul dengan daya kecambah > 90%. Kebutuhan benih seledri untuk penanaman di lahan 1 ha berkisar antara 200-250 gram biji. Saat ini area budidaya seledri tidak hanya berada di dataran tinggi. Munculnya benih unggul seledri pabrikan untuk dataran rendah menjadikan area budidaya tanaman seledri saat ini meluas hingga ke dataran rendah. Seledri dataran tinggi contohnya Bamby dari Panah Merah dan Tall Utah dari Known You Seed, sedangkan seledri dataran rendah contohnya Amigo dari Panah Merah dan Summer dari Known You Seed.

Bagi anda yang ingin mencoba menanam seledri khususnya di dataran rendah maka dapat menanam benih seledri SUMMER. Benih seledri SUMMER adalah benih seledri unggul dari Known You Seed yang cocok untuk bisa di tanam di dataran rendah. Warna daun tanaman Seledri Summer hijau tua. Tangkai daun Seledri Summer kuat dan tidak mudah patah sehingga tidak mudah rusak saat pengangkutan. Tangkai tanaman yang kokoh ini tidak berserat dan tidak mudah menua. Tanaman Seledri Summer memiliki kemampuan bercabang yang tinggi. Tinggi tanaman mencapai 90 cm dan tanaman dapat tumbuh seragam. Keunggulan lain dari tanaman Seledri Summer adalah jumlah anakan bisa mencapai 30 – 35 anakan, dan dalam 1 tanaman bisa menghasilkan 1.200 gram. Hal tersebut menjadikan budidaya Seledri Summer sangat menguntungkan karena hasil panennya yang relatif tinggi. Umur tanaman Seledri Summer dari semai hingga panen  120 hari. Kebutuhan benih 1.000 gram / ha dan tersedia dalam kemasan 10 gram/sachet.

Dengan potensi hasil yang tinggi, seledri Summer layak menjadi salah satu komoditi yang patut dipertimbangkan. Di Indonesia seledri memang belum menjadi komoditi utama layaknya sayuran lain seperti kangkung atau bayam. Tapi seledri sendiri memiliki peluang besar. Permintaan pasar nasional dan dunia terhadap produk sayuran selalu meningkat. Di pasar internasional, seledri merupakan salah satu komoditi sayuran yang diperdagangkan antar negara. Indonesia juga mengekspor seledri ke Malaysia dan Singapura, tetapi di lain pihak kita juga mengimpor seledri dari Belanda, Australia dan Amerika Serikat. Seledri impor adalah jenis seledri potongan yang belum banyak ditanam di Indonesia, di lain pihak konsumen lokal untuk seledri potongan cenderung meningkat. Jadi pasar lokal dan internasional dapat dijadikan sasaran agribisnis seledri. Seledri Summer adalah seledri dataran rendah yang bisa menjadi salah satu benih andalan untuk memenuhi kebutuhan pasar yang semakin meningkat.

Benih Seledri Summer bisa dibeli di Toko Pertanian On Line LMGA AGRO dengan layanan Grosir dan harga murah. Toko Pertanian On Line LMGA AGRO sebagai Agen, Distributor, Dealer, Resmi kebutuhan sarana pertanian siap mengirim ke seluruh wilayah Indonesia. LMGA AGRO juga melayani konsultasi GRATIS budidaya tanaman hortikultura. Untuk mendapatkan benih, pestisida, zpt, pupuk dan konsultasi hubungi CP Budi : Telp. 082 141 747 141 atau SMS/WA 0812 5222 117.

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 11 Januari 2016 in Benih

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

2 responses to “SELEDRI SUMMER, SELEDRI DATARAN RENDAH

  1. Dual SIM 3G

    18 Januari 2016 at 8:01 am

    apakah untuk menanam tanahman ini memerlukan tanah yang khusus atau daerah tertentu bang..??mohon penjelasannya..:D

     
    • lmgaagro

      20 Januari 2016 at 2:01 am

      seledri summer bisa beradaptasi dengan baik di dataran rendah dan tidak membutuhkan tanah khusus

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: