RSS

PETUNJUK MENGGUNAKAN PESTISIDA SECARA BIJAK DAN BENAR

10 Nov

Pestisida, Campuran, Grosir, Agen, Dealer, Harga Murah, LMGA, AGRO, Dealer, Agen, Distributor

CONTOH PESTISIDA

Kita semua tahu bahwa saat ini aktivitas pertanian dalam   Budidaya tanaman tidak akan pernah terlepas dari namanya bahan kimia yang bernama pestisida. Pestisida yang di gunakan oleh petani saat ini secara umum dibagi menjadi golongan : Insektisida, Fungisida, Herbisida, Rodentisida, Akarisida, Avisida. Meskipun kita sebagai petani sudah akrap dengan produk kimia yang bernama Pestisida dan hampir setiap hari kita menggunakan di tanaman pertanian kita, namun masih sering kita jumpai penggunaan pestisida kimia ini di gunakan dengan tidak tepat dan terkesan tidak bijak baik bagi penggunanya sendiri atau dengan lingkungan kita. Kesalahan dan penggunaan yang tidak di gunakan secara bijaksana dan benar akan membawa efek negatif yang sangat merugikan pihak aplikator dan lingkungan.

Kesalahan dan kurang bijaksana dalam penggunaan pestisida tersebut sebenarnya bukan karena kurang pengetahuan, terkadang kita sengaja mengabaikan aturan dan membuat aturan sendiri. Pestisida kimia sampai saat ini masih dianggap sebagai obat dewa dan menjadi satu – satunya solusi mengatasi hama dan penyakit tanaman. Anggapan yang di miliki petani kita tentang pestisida tersebut memang tidak salah, karena pengetahuan dan edukasi pestisida nabati masih kurang. Lagipula pestisida nabati belum mampu memberikan solusi 100% untuk menggantikan pestisida kimia.

Penggunaan pestisida kimia seharusnya dilakukan secara Efisien  dan Efektif, agar biaya produksi dan tingkat pencemaran dapat ditekan. Penggunaan pestisida kimia yang tidak tepat selain menambah biaya juga berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan manusia. Penggunaan pestisida kimia yang berlebihan atau mengurangi dosis yang di anjurkan dan biasanya tertulis dalam kemasan jual pestisida  mengakibatkan efek resistensi hama dan penyakit terhadap bahan aktif pestisida. Oleh karena itu pengalaman dan tranfer pengetahuan tentang penggunaan pestisida kimia perlu dipelajari dan disosialisasikan ke seluruh petani.

Beberapa hal utama  yang perlu diketahui saat kita menggunakan pestisida agar  tepat sasaran, bijaksana dan benar antara lain :

1. KENALI JENIS HAMA DAN PENYAKIT YANG MENYERANG
Diagnosa hama dan penyakit perlu dilakukan sebelum kita memutuskan untuk membeli bahan kimia yang akan kita gunakan, hal ini perlu dilakukan untuk menentukan jenis dan bahan aktif pestisida kimia. Alasannya adalah masing-masing jenis hama dan penyakit mempunyai  karakteristik dan cara penanganan yang berbeda pula. Penulis dan team  dari LMGA AGRO selalu menganjurkan untuk menggunakan pestisida yang memunyai Spektrum khusus ( sempit ), artinya pestisida dengan hama sasaran sempit  dan tepat sasaran. Pestisida berspektrum sempit memiliki efektifitas lebih tinggi dibandingkan dengan pestisida dengan banyak hama sasaran (berspektrum luas). Selain itu pestisida dengan spektrum yang sempit  akan menyebabkan hewan lain yang menguntungkan dan bisa bersimbiosis mutualisme tidak mati terkena semprotan pestisida kita.

2. KENALI JENIS BAHAN AKTIF
Saat ini bahan aktif pestisida baru banyak di temukan dan muncul di pasaran. Dan tentunya bahan aktif yang sudah di ijinkan Komisi Pestisida di Indonesia sudah lewat Uji di lapang secara benar. Karena itu petani dan aplikator pestisida di tuntut untuk terus mengikuti perkembangan bahan aktif yang ada di pasaran. Pengetahuan tentang bahan aktif mutlak diperlukan, setiap jenis bahan aktif memiliki efek terhadap hama penyakit yang berbeda-beda. Setiap bahan aktif pestida  digunakan untuk mengendalikan hama dan penyakit yang berbeda. Pengetahuan dan pemahaman tentang bahan aktif pestisda akan mampu menekan kerugian akibat pembengkakan biaya produksi. Selain itu juga dapat menekan serangan hama dan penyakit secara signifikan.

3. MENGGUNAKAN PESTISIDA SECARA BERGANTIAN

Penggunaan pestisida dengan satu jenis bahan aktif secara terus – menerus dapat menyebabkab sifat resistant / kekebalan. Gunakan pestisida dengan bahan aktif yang berbeda secara bergantian. Baik itu bahan aktifnya maupun cara kerjanya. Dengan menggunakan pestisida yang berbeda bahan aktif dan cara kerjanya tersebut maka hasil dan efisiensi penggunaan pestisida akan bisa di tingkatkan. Atau bisa menganut sistem tiga kali Aplikasi pestisida kontak, terus satu kali aplikasi  pestisida sistemik.

4. BACA DAN DIMENGERTI ATURAN PETUNJUK APLIKASI
Pestisida yang beredar di Indoesia yang sudah lolos dan di Uji oleh Komisi Pestisida Nasional dalam setiap kemasan produk pestisida tertera petunjuk-petunjuk tertentu, diantaranya kandungan bahan aktif, dosis penggunaan, waktu aplikasi dan hama penyakit sasaran. Patuhi semua aturan dan petunjuk penggunaannya dan jangan coba-coba untuk membuat aturan sendiri. Penggunaan pestisida yang tidak sesuai aturan dapat menimbulkan efek negatif, baik bagi lingkungan maupun bagi kita sendiri.

5. PATUHI DOSIS ANJURAN SECARA BENAR

Dosis penggunaan sudah tertera pada kemasan pestisida yang kita gunakan, dosis dan aturan tersebut sudah seharusnya kita patuhi. Jangan  mengurangi atau melebihi dosis anjuran. Penggunaan dosis yang kurang tidak akan membunuh hama sasaran tapi justru dapat meningkatkan resistensi hama penyakit. Sebaliknya dosis yang melebihi anjuran dapat mengakibatkan tanaman keracunan, juga berbahaya bagi manusia dan lingkungan. Aplikasi yang bijak adalah dengan menggunakan dosis terendah terlebih dahulu, kemudian secara perlahan ditingkatkan sesuai dengan usia tanaman dan tingkat serangan hama penyakit.

6. MENCEGAH LEBIH BAIK DARI MENGOBATI
Team ahli dari LMGA AGRO akan selalu mengingatkan bahwa mencegah jauh lebih baik dari mengobati. Aplikasi sebaiknya dilakukan sebelum serangan hama pemyakit terjadi, hal ini efektif dilakukan sebagai pencegahan. Pencegahan sejak dini mampu menekan penggunaan pestisida dan menekan kerusakan akibat serangan hama penyakit. Aplikasi yang dilakukan setelah serangan parah tidak akan banyak memberi solusi, bahkan menimbulkan masalah baru. Diantaranya adalah pembengkakan biaya produksi.

7. WAKTU APLIKASI 
Waktu aplikasi yang yang benar adalah pada waktu pagi hari sebelum matahari terik dan sore hari. Aplikasi yang tepat adalah jam 06.00 – 09.30 terus untuk sore hari bisa di lakukan di atas jam 15.00. Dipagi hari hama penyakit tidak banyak bergerak sehingga efektif untuk dilakukan penyemprotan. Hindari juga aplikasi dengan penyemprotan saat cuaca mendung.

8. JANGAN TERJEBAK DENGAN HARGA MURAH
Beberapa petani seringkali mencari obat pestisidan dengan harga murah, memang harga mahal belum tentu menjamin kualitas suatu produk. Namun suatu produk yang berkualitas sudah barang tentu tidak murah harganya. Untuk itu diperlukan kejelian dan kehati-hatian dalam membeli produk pestisida. Maka tidak ada salahnya apabila sebelum menggunakan pestisida ( terutama yang baru dan belum pernah pakai ) cari terlebih dahulu referensi dari mana saja yang bisa dipercaya. Baik dari teman, toko pertanian, petugas lapang, buku, katalog produk maupun sumber referensi lain.

8. HATI- HATI DALAM MENCAMPUR PERTISIDA
Pestisida adalah bahan kimia yang berbahaya karena mempunyai sifat beracun dan mempunyai daya bunuh. Karena itu dalam penyimpanan dan pencampuran harus hati – hati. Pencampuran yang tidak tepat justru semakin menurunkan daya bunuh ( daya racun ) dari pestisida tersebut. Karena  team LMGA AGRO selalu akan mengingatkan untuk memahami sifat – sifat pestisida serta ciri ciri hasil pencampuran pestida agar hasil yang di peroleh tidak merugikan penggunanya.

Demikian beberapa tips menggunakan pestisida tepat sasaran, agar pestisida dapat digunakan secara bijak serta benar sehingga di peroleh hasil yang maximal. Apabila ada yang kurang jelas bisa menghubungi Toko Pertanian On Line LMGA AGRO selaku Agen, Distributor, Dealer, Resmi produk pertanian : Benih, Bibit, Pupuk, Obat dan Pestisida serta sarana dan alat pertanian yang melayani Grosir dan Eceran. Kami sudah berpengalaman melayani : Petani, Toko Pertanian, Orang Hobi, Praktisi sejak tahaun 2002 dan kami siap mengirimke seluruh Indonesia dengan cepat, tepat dan harga terjangkau. Toko Pertanian On Line LMGA AGRO juga memberikan Layanan Konsultasi Gratis Budidaya Tanaman, apabila berminat bisa menghubungi di CP Budi : Telp. 082 141 747 141 atau SMS/WA 0812 5222 117.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 10 November 2015 in Pestisida

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: