RSS

GAMBAS ESENZA DI TANAM PETANI, DICARI PEDAGANG

18 Sep

Benih, Bibit, Oyong, Gambas, Esenza, Tahan Virus, Harga murahAneka ragam tanaman sayuran saat ini mulai banyak di kembangkan dan di angkat untuk menjadi sayur komoditi yang banyak di konsumsi oleh masyarakat di Indonesia. Salah satu benih dan tanaman baru yang saat ini sudah menjadi sayur komoditi dan mempunyaii nilai ekonomi dengan permintaan pasar serta banyak di tanam oleh petani adalah gambas atau oyong. Seperti yang kita ketahui bahwa dalam satu – dua dasa warsa lalu tanaman gambas ( oyong ) masih menjadi tanaman sela atau tanaman pagar yang dalam penanamanya dahulu masih di pekarangan rumah dan di tegal dengan cara budidaya yang sederhana.

Namun saat ini hasil panen dari tanaman Gambas ( Oyong ) ini sudah menjadi barang komoditi di mana hasil panennya sudah di butuhkan dalam jumlah yang besar dan puluhan Ton setiap harinya.

Benih Gambas ( Oyong ) yang dalam bahasa latinnya Luffa acutangula   termasuk suku labu – labuan  atau Cucurbiteceae saat ini sudah berubah dari dahulu yang di anggap sayuran minor dan tidak di kelola secara produktif saat ini sudah di tanam secara tunggal dengan skala luas, serta dipelihara dengan cara yang produktif serta tidak kalah dengan tanaman sayur  lain seperti Cabe, Tomat, Timun, Melon DLL. Bahkan di Kabupaten Kediri dan Blitar sudah ada daerah tertentu yang petaninya dominan melakukan Budidaya Gambas ( Oyong ) dalam sekala yang luas.

Gambas  ( Oyong ) pada dasarnya bisa di tanam di mana saja dan kapan saja. Tanaman gambas ( Oyong ) termasuk tanaman yang hidupnya merambat, dengan membutuhkan iklim panas tetapi tetap harus kecukupan airnya. Kebutuhan Ideal agar Gambas ( Oyong ) dapat tumbuh dengan baik adalah daerah dengan suhu lingkungan rata-rata 18 – 24 derajat Celsius dengan kelembaban rata – rata 50 %. Agar mendapatkan hasil yang Optimal maka tanah yang di gunakan harus subur, gembur serta banyak mengandung humus dan bahan Organik serta beraerasi dan berdraenasi baik, dengan derajat pH tanah 6 – 6,5.

Tanaman Gambas ( Oyong )  selama proses Budidaya dan pemeliharaan seringkali banyak di ganggu oleh Hama Kumbang Daun, Ulat tanah, Ulat Grayak, Lalat Buah, Busuk Buah, Embun Tepung, Mosaik Virus dan Layu Bakteri dan Layu Jamur. Oleh karena itu saat ini untuk mendapatkan hasil Gambas ( Oyong ) yang optimal di butuhkan ketrampilan dan perawatan Extra serta paham akan Hama dan Penyakit yang menyerang tanaman Gambas ( Oyong ) serta dosis pemupukan yang tepat dan baik.

Tata cara pengendalian Hama dan Penyakit selama proses Budidaya Tanaman gambas bisa di baca di tulisan saya yang lain. Untuk pengendalian lalat buah bisa dengan cara menggunakan perangkap lalat Yellow Trap yang bisa di beli di toko Pertanian LMGA AGRO. Sedangkan untuk  Obat Layu bisa menggunakan Obat layu Jamur dan Bakteri ARASHI yang di produksi oleh Jepang. Pengendalian busuk karena serangan lalat buah juga bisa di lakukan dengan membungkus buah Gambas ( Oyong ) dengan plastik sejak buah masih kecil.

Secara fungsi dan manfaat buah gambas ( Oyong ) sangat bermanfaat dalam menurunkan kadar Gula dalam darah, selain itu juga sangat bermanfaat dalam meredakan  radang usus dan asma, menormalkan siklus menstruasi wanita serta yang tidak kalah penting adalah Gambas juga berfungsi untuk meningkatkan air susu ibu saat menyusui. Kandungan Gizi yang ada di buah Gambas ( Oyong ) setiap 100 Gramnya adalah 1.09 Gram Protein, 17 mgram Calcium, 1.6 mgram Iron, 5.6 IU Vitamin A, 7 mgram Vitamin C.

Saat ini benih gambas yang di tanam petani sudah hampir semuanya menggunakan benih Hibrida ( F1 ) yang di produksi oleh perusahaan benih. Penggunaan benih Hibrida ini akan meningkatkan hasil per satuan luas tanam. Hampir semua perusahaan benih mengeluarkan benih Hibrida ( F1 ) Gambas ( Oyong ) di Indonesia. Namun pasar masih di dominasi oleh benih Gambas ( Oyong ) yang di produksi oleh perusahaan Benih PT. East West Seed Indonesia  ( Cap Panah Merah ) dan PT. Bisi International ( Cap Kapal Terbang ).

Beberapa Gambas hibrida yang  saat ini  sudah ada di  pasaran antara lain adalah : PT. Bisi International ( Cap Kapal Terbang ) mengeluarkan Gambas F1 Esenza, Gambas F1 Estilo, PT. East West Seed Indonesia ( Cap Panah Merah ) mengeluarkan benih Gambas F1 Prima, Gambas F1 Anggun, PT. Agri Makmur Pertiwi ( AMP ) mengeluarkan benih gambas F1 Bidara,  Gambas F1 Sporta  dan Gambas F1 Ganesha, PT. Bintang Citra Asia ( BCA ) ada gambas F1 Hanoman, Gambas F1 Maskur, Gambas F1 Bareta, Known You Seed Taiwan mengeluarkan Gambas Tahan Virus F1 MIRIAM.

Pada kesempatan ini saya akan membahas Gambas Hibrida Esenza yang di produksi oleh PT. Bisi International ( Cap Kapal Terbang ). Gambas Esenza ini sebenarnya sudah di kenalkan di petani sekitar tahun 2011 – 2012 dengan daerah pengenalan pertama  daerah karisidenan Kediri Jawa Timur. Karisidenan Kediri merupakan penyumbang dan penghasil panen Gambas terbesar di Jawa Timur. Di tahun 2015 ini penyerapan Benih Gambas Hibrida Esenza bisa di katakan mendominasi pasar benih gambas di Karisidenan Kediri. Apabila saya mengamati beberapa keunggulan dan point yang dimiliki oleh Gambas F1 Esenza sehingga mampu menggeser dominasi pasar adalah sebagai berikut :

  • Gambas Esenza mempunyai daerah adaptasi yang cukup luas dari dataran rendah sampai dataran menengah
  • Pertumbuhan tanaman Gambas Hibrida Esenza seragam dan kuat sehingga akan mempermudah dalam proses perawatan tanaman
  • Ukuran buah dari Gambas F1 Esenza sangat Ideal dengan panjang 45 Cm denga diameter buah mencapai 5 Cm dengan berat buah 350 Gram/Buah
  • Terpenting adalah rasa Gambas Esenza dari gambas saat panen adalah manis ( tidak pahit ) walaupun warna juring dan daging buah dari gambas Esenza adalah hijau gelap
  • Tanaman Gambas Hibrida Esenza mempunyai hasil produksi yang tinggi berkisar 45 Ton/ Ha dengan umur genjah yaitu 39 HST
  • Budidaya Tanaman Gambas ( Oyong ) Esenza cukup tahan  serangan Virus ( YZMV ) yang selama ini banyak menyerang tanaman gambas di Karisidenan Kediri

Demikian sekilas Informasi tentang Gambas Hibrida Esenza Cap Kapal Terbang tersebut. Apabila ada pembaca yang kurang jelas serta membutuhkan Benih yang saya sebutkan di atas maka bisa menghubungi Toko Pertanian On Line LMGA AGRO. Toko modern pertanian LMGA AGRO selaku agen, distributor, dealer, resmi yang menyediakan dan menjual benih, bibit, obat, pupuk, pestisida, sarana dan alat pertanian dengan harga Grosir dan siap mengirim ke seluruh Indonesia. Kontak Person Toko Pertanian On Line LMGA AGRO ada di CP Budi : Telp. 082 141 747 141 atau SMS/WA 0812 5222 117.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 18 September 2015 in Benih

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: