RSS

PARADE TAVI DAN KANTON TAVI KACANG PANJANG PELOPOR ANTI VIRUS

14 Sep

Benih, Bibit, Kacang Panjang, Parade Tavi, Kanton Tavi, Tahan Virus, Harga Murah, LMGA AGROKacang Panjang saat ini sudah berubah menjadi Komoditi yang menjadi andalan petani dalam mendapatkan pendapatan. Tanaman Kacang Panjang dahulu masih di anggap menjadi tanaman pagar dan tanaman sela yang serta masih di tanam sebagai tanaman kedua dengan cara tumpang sari. Namun anggapan ini sekarang sudah berubah seiring dengan permintaan pasar  yang tinggi dari tanaman berpolong ini. Permintaan terhadap hasil panen Kacang Panjang ini tidak mengenal usia mulai yang muda sampai usia tua senang akan sayur yang menggunakan olahan Sayur Kacang Panjang. Permintaan pasar yang tinggi membuat petani meningkatkan kualitas kacang panjang yang dipanen dengan sistem penanaman dan perawatan kacang panjang yang baik.

Status produk olahan dari Kacang Panjang ini sudah ada dan menjangkau di lokasi Hotel san restoran. Bahkan dalam 5 tahun terakhir ada masakan rakyat Khas yang selalu menggunakan kacang Panjang sebagai menu tambahan yaitu PECEL LELE. Makanan tepi jalan ini sudah tersebar di mana  – mana yang semakin menambah penyerapan panen kacang Panjang di Petani.

Kacang Panjang di kenal sebagai sayuran hortikultura yang banyak mengandung manfaat sering dengan kandungan Vitamin dan mineral yang di milikinya, kandungan Mineral Gizi serta Vitamin yang ada di Kacang Panjang.

Dalam sajian  tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 146 mcg folat (37% kebutuhan); 0,2 mg thiamin (14% kebutuhan); 0,1 mg vitamin B6 (5% kebutuhan); 0,1 mg riboflavin (4% kebutuhan); 0,4 mg asam pantotenat (4% kebutuhan); dan 0,6 mg niacin (3% kebutuhan). Berbagai vitamin B kompleks yang terkandung dalam kacang panjang tersebut merupakan nutrisi penting bagi tubuh kita.

Secara umum vitamin B kompleks memiliki fungsi penting dalam produksi energi dan fungsi saraf dalam tubuh kita, sehingga kekurangan vitamin B biasanya ditandai dengan kelelahan dan kurangnya tenaga.

Kandungan protein sebesar 8,3 gram dalam tiap 100 gram kacang panjang rebus, maka kacang panjang menjadi salah satu sumber protein nabati yang baik untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh kita setiap harinya.Dengan kandungan protein sebesar 8,3 gram dalam tiap 100 gram kacang panjang rebus, maka kacang panjang menjadi salah satu sumber protein nabati yang baik untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh kita setiap harinya. Dengan kandungan protein sebesar 8,3 gram dalam tiap 100 gram kacang panjang rebus, maka kacang panjang menjadi salah satu sumber protein nabati yang baik untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh kita setiap harinya.

Kacang panjang adalah sayuran yang kaya serat. Dalam tiap 100 gram kacang panjang rebus, terdapat kandungan serat mencapai 4 gram atau memenuhi 15% kebutuhan serat harian kita. Serat dalam kacang panjang tersedia dalam bentuk pektin, yang merupakan serat larut, sehingga sangat baik untuk membantu menjaga kadar gula darah dalam level normal, juga untuk metabolisme lemak yang normal.

Dengan kebutuhan dan penyerapan pasar yang tinggi akan penen Kacang Panjang tersebut menyebabkan penanam kacang panjang di tingkat petani menjadi luas dan Intensif sehingga terkadang mengabaikan cara  – cara Budidaya Kacang Panjang yang baik dan benar. Budidaya yang kurang baik ini menyebabkan perkembangan Hama dan Penyakit yang menyerang tanaman Kacang semakin bervariasi dengan tingkat serangan yang sampai menyebabkan kegagalan di tingkat patani.

Kondisi Actual terkini serangan penyakit yang ada dan menyebabkan kegagalan serta produktivitas tanaman kacang panjang turun adalah adanya serangan Virus kuning. Virus yang mengakibatkan daun kacang panjang menjadi berwarna kuning dan keriting dan menghilangkan produktivitas tanaman. Penyakit ini yang menginfeksi di tanaman kacang panjang ini bernama BCMV ( Bean common mosaic virus -black eye cowpea ). Penyakit ini sudah banyak menyerang hamparan Budidaya Tanaman kacang panjang yang di tanam oleh petani di Indonesia, terutama daerah sentra. Sudah berbagai macam obat dan pestisida di usahakan dan di pakai untuk mengurangi penyakit yang namanya BCMV ini. Namun hasilnya masih saja 50 – 60 % hamparan tanaman kacang panjang ini terjangkit penyakit  daun kuning.

Dengan adanya serangan Virus BCMV tersebut saat ini memacu perusahaan benih besar atau kecil yang ingin tetap eksis serta Benih Kacang Panjang yang di produksinya tetap di tanam oleh petani, maka di tutut untuk bisa menemukan dan menghasilkan Benih Kacang Panjang yang lolos dari serangan Virus kuning ini saat di tanam.

Perusahaan Benih Indonesia yang sudah menjawab tantangan ini salah satunya adalah PT. East West Seed Indonesia ( Cap Panah Merah ) menghasilkan bibit unggul kacang panjang yaitu Kacang Panjang PARADE TAVI dan Kacang Panjang KANTON TAVI. Kedua Kacang Panjang ini sebenarnya mempunyai perbedaan yang cukup mencolok ( Dominan ), walau pun demikian keduanya mempunyai sifat unggul yaitu tahan Virus kuning. Kacang Panjang Parade Tavi dan Kanton Tavi ( Tahan Virus ) adalah Benih Kacang panjang Pelopor di Indonesia yang mempunyai sifat tahan Virus kuning, karena itu tidak mengherankan kalau Kacang Panjang Parade Tavi dan Kanton Tavi saat ini banyak di buru dan di tanam petani di daerah sentra penanaman Kacang Panjang, yang sudah banyak Endemik Virus Kuning. Bahkan perusahaan benih lain pun saat ini sulit masuk dan di terima petani walaupun sudah mengeluarkan label TAHAN dan ANTI VIRUS  dalam memasarkan produknya. Karena semua itu akan di buktikan oleh petani di lahan lewat hasil panennya.

Pada kesempatan ini saya mau pertukar pengalaman tentang hasil pengamatan terhadap Benih Kacang Panjang Tahan Virus  yang sudah di tanam oleh petani. Sehingga pengalaman ini akan sangat berguna serta menghindarkan petani dari kerugian akibat  serangan Virus kuning yang sangat merugikan ini. Benih tersebut adalah  Kacang Panjang Parade Tavi dan benih Kacang Panjang Kanton Tavi dari perusahaan benih PT. East West Seed Indonesia ( Cap Panah Merah ) yang saat ini mendominasi di pasar dan petani. 

Beberapa hal yang menjadi penyebab serta ciri khas dari  Benih Kacang Panjang Parade Tavi dan Kanton Tavi ( Tahan Virus ) ini bisa mendominasi pasar benih Kacang Panjang di Indonesia adalah di sebabkan oleh beberapa hal antara lain adalah :

  • Kacang Panjang Parade Tavi dan Kanton Tavi ( Tahan Virus ) produk Cap Panah Merah ini termasuk pelopor kacang panjang yang tahan Virus di Indonesia.
  • Benih Kacang Panjang tahan Virus Parade Tavi dan Kanton Tavi merupakan benih unggul yang sangat cocok untuk di tanam di dataran rendah sampai menengah dengan hasil yang baik dan memuaskan
  • Tanaman Kacang Panjang Tahan Virus Parade Tavi dan Kanton Tavi ini sangat cocok di Budidayakan di musim penghujan karena mempunyai ketahanan terhadap layu Fusarium dan Bakteri dan tanaman mempuyai daun yang sedikit
  • Kacang Panjang Parade Tavi ini mempunyai buah yang berbentuk polong silindris dengan warna buah hijau gelap dan ujungnya berwarna ungu dengan ukuran panjang yang seragam 70 Cm
  • Sedangkan Kacang Panjang Kanton Tavi mempunyai biji yang berwarna Hitam dengan sedikit putih
  • Tanaman kacang panjang Parade Tavi dan Kacang Panjang Kanton Tavi Cap Panah Merah ini berumur genjah ( 45 HSS ) dengan potensi hasil 1,2 Kg / Tanaman
  • Kacang Panjang Parade Tavi dan Kanton Tavi tersedia dalam kemasan Kaleng 500 Gram dan Sachet yang berisi 200 Butir

Demikian sekilas info tentang kacang panjang tahan Virus Parade Tavi dan Kanton Tavi yang di produksi oleh perusahaan benih PT. East West Seed Indonesia ( Cap Panah Merah ) ini, apabila ada yang berminat untuk Budidaya Tanaman Kacang Panjang Parade Tavi ini bisa menghubungi Toko Pertanian Online LMGA AGRO selaku ( Agen, Distributor, Dealer, Resmi ) yang menjual produk Benih, Bibit, Obat pertanian, Pestisida dan alat petanian yang lengkap dengan harga bersaing serta bisa mengirim ke seluruh Indonesia. Hubungi LMGA AGRO di CP Budi : Telp. 082 141 747 141 atau SMS/WA 0812 5222 117. Kami juga memberi layanan konsultasi Gratis untuk kesuksesan Budidaya Tanaman anda.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 14 September 2015 in Benih

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: