RSS

PENGGUNAAN ZPT TANAMAN PADI

27 Jul

ZPT, Super Gibb, Cair, Padi, Hormon, LMGA, AGRO, Rendemen padi, Cara Aplikasi, Gibrelin, Gibrelic Acid, Harga Murah, Toko Online

SUPER GIBB 40 SL

Negara Indonesia di kenal sebagai Negara Agraris dimana masyarakat dan negara sangat bertumpu besar dengan aktivitas pertanian di dalamnya. Karena itu pengelolaan, pembinaan, penghargaan dan pengalokasian dan perhatian terhadap sektor pertanian, selayaknya pemerintah Indonesia di bawah kepemimpinan Bapak Jokowi dan wakil President Muhammad Jusuf Kalla, harus bisa membangkitkan dan menggerakkan sektor pertanian agar bisa menjadi Tulang Punggung Bangsa dalam penggerak Ekonomi Nasional. Hanya dengan menghidupkan daya saing petani maka negara kita akan mampu menjadi Negara yang mandiri, karena secara otomatis sektor yang lain juga akan ikut bergerak dengan Pertanian Negara yang bergerak. Karena itu Program kemandirian petani harus segera di gulirkan pemerintah baru Indonesia.

Pembangunan Fisik sarana pertanian yang di programkan saat ini seperti : Membuka lahan baru, Bantuan pemerintah berupa Bibit, Obat, Pupuk, Alat Mekanisasi Pertanian serta pembangunan sarana Bendungan dan Irigasi untuk areal pesawahan, itu hanya segelintir dari permasalahan pertanian di indonesia yang harus segera di atasi. Tidak kalah pentingnya adalah pemerintah menghidupkan kembali Bulog Nasional sehingga bisa mengatur kembali Tata Niaga Pertanian serta membenahi sistem Distribusi rantai perdagangan produk pertanian yang sering kali terlalu panjang dan tidak berpihak ke petani akibatnya gojolak harga bisa di kendalikan. Pembenahan sistem data di lapang yang biasanya di dapat di Balai Pusat Statistik dan lain – lain harus di perbaharui sehingga data benar  Valid. Data Valid akan berguna dan benar saat kita merencanakan program pertanian.

Sebagai contoh tentang penggunaan Data Statistik di tahun 2014, adalah Polemik tentang rencana pemerintah mengimpor beras tidak perlu terjadi jika negara ini memiliki data statistik pangan yang akurat. Polemik ini mengemuka setelah Badan Pusat Statistik (BPS) merilis data angka sementara produksi padi nasional 2014 pada awal Maret 2015. Menurut data tersebut, produksi padi nasional 2014 mencapai 70,83 juta ton GKG (setara dengan 41 juta ton beras).

Jika diasumsikan jumlah penduduk sekitar 250 juta orang dan angka konsumsi beras mengacu pada standar BPS sebesar 113,48 kilogram per kapita per tahun, kebutuhan beras nasional mencapai 28,37 juta ton. Jika semua data tersebut benar, pada awal 2015 terdapat surplus produksi beras di atas 10 juta ton. Pertanyaannya, mengapa pemerintah mewacanakan mengimpor beras? Mengapa harga beras tetap stabil tinggi hingga kini?

Selama ini, data statistik konsumsi beras antar kementerian/lembaga sangat beragam. Kementerian Pertanian mematok angka 139,15 kilogram per kapita per tahun; BPS menggunakan angka 113,48 kilogram per kapita per tahun; sedangkan Data Susenas 2012 mematok angka 98 kilogram per kapita per tahun. Beragamnya data ini sangat menyulitkan penghitungan surplus produksi beras yang sebenarnya.

Data produksi beras nasional dihitung dari data kolaborasi antara Kementerian Pertanian dan BPS. Data yang menyangkut luas tanam, luas panen, dan luas gagal panen (puso), menjadi tanggung jawab Dinas Pertanian. Sedangkan data menyangkut produktivitas menjadi tanggung jawab BPS.

Potensi luas tanam padi secara nasional selama MH 2014/2015 MT -1 dan MT 2 untuk padi  seluas 11.804.172 hektar yang ditanam selama MT -1  Oktober – Desember seluas 6.521.202 Hektar, dan selama MT-2  Januari-Maret seluas 5.282.970 Hektar, sedangkan potensi luas tanam jagung dan kedelai 1.982.193 Hektar (Dr.Haryono, M.SC, Kepala Badan Litbang Pertanian/ Plt.Dirjen Tanaman Pangan, Kementerian Pertanian, dalam acara launching Katam Terpadu MH 2014/2015 di Jakarta).

Karena itu petani harus di beri wawasan dan cara tentang bagaimana meningkatkan Rendemen Panen Padi Nasional sehingga permasalahan Impor padi bisa di cegah atau kalau memungkinkan kita menjadi negara yang men export beras. Salah satu dari sekian banyak cara untuk meningkatkan Rendemen Panen Padi adalah dengan Aplikasi ZPT di tanaman padi secara tepat Dosis dan tepat waktu.

Pada kesempatan ini saya akan mengulas sedikit tentang Aplikasi ZPT Gibberelin Acid yang merupakan sintesis dari giberelin (GA3). GA3 merupakan hormon tumbuhan yang bisa merangsang pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Pemberian GA3 pada padi diperlukan agar tanaman dapat menghasilkan sesuai potensinya karena giberelin yang diproduksi sendiri jumlahnya sedikit dan/atau dalam keadaan inaktif. Untuk mengaktifkannya dibutuhkan prekusor yang keberadaannya dipengaruhi berbagai faktor, baik eksternal maupun internal.

Efek utama giberelin menyebabkan pemanjangan batang dan daun, sehingga tanaman padi yang kerdil pun akan tumbuh normal setelah dirangsang dengan pemberian GA3. Hal yang harus diperhatikan dalam pemberian GA3 adalah waktu dan dosis aplikasi karena dalam jumlah berlebihan tanaman bisa rebah dan mati sebelum berbunga. Terkadang apabila pemberian GA3 terlalu berlebihan maka tanaman padi akan menyerupai tanaman rumput Ilalang.

Waktu Aplikasi Hormon ( ZPT )

Pada kesempatan kali ini Hormon GA3 yang di pakai adalah ZPT SUPER GIB 20 T ( yang berbentuk Tablet ) atau SUPER GIBB 40 SL ( Berbentuk Cair ). Bisa dipilih sesuai keinginan. Sebenarnya fungsi baik ZPT SUPER GIB 20 T maupun SUPER GIBB 40 SL adalah sama yaitu sebagai hormon/zat pengatur tumbuh bagi tanaman. Cakupannya cukup luas, mulai dari memecah masa dormansi sampai memacu pembungaan. Namun dalam budidaya padi, fungsi dari  GA3 Super Gib 20 T dan Super Gibb 20 SL digunakan untuk memperbanyak jumlah anakan produktif dan mempercepat (keseragaman) keluarnya malai. Dengan demikian, waktu apalikasi GA3  Super Gib 20 T atau  Super Gibb 20 SL pada tanaman padi cukup 2 (dua) kali, yaitu pada saat menyelesaikan fase vegetatif atau setelah fase perbanyakan anakan (tillering stage) yang dalam istilah jawa sering disebut mapak anak dan ketika malai mulai keluar (flowering stage). Jika diasumsikan pada tanaman padi berumur sedang, maka aplikasinya pada umur 30 – 35 dan 55 – 60 hari setelah tanam.

GA3, ZPT, Super Gib, Tablet, Tanaman Padi, Cara Aplikasi, Dosis, Pupuk, Rendemen Tinggi, LMGA, AGRO, LMGA AGRO, Harga Murah, Toko Pertanian, Online

SUPER GIB TABLET

Aplikasi ini akan lebih bagus ( meningkat sampai  30 % ) kalau di kombinasi dengan pupuk Magnesium Sulfat ( mengandung MgO 18 % dan Sulfur 13 % ), Kalium  Nitrat ( mengadung N N03 13 % dan K2O 45 % ) dan Mono Kalium Phosphate ( mengandung P2O5 52 % dan K2O 34 % ) dan Hara VITAFORA ( Hara Mikro ). Vitaflora berfungsi sebagai stimulator agar persentase bunga jadi buah menjadi tinggi.

Aplikasi yang pertama ( Umur 30 – 35 HST ) sebetulnya bukan menambah banyaknya anakan lagi, tetapi mempercepat pertumbuhan anakan baru sehingga bisa menyamai bibit, anakan primer atau anakan sekunder. Dengan pertumbuhan  seragam dan kompak, maka saat keluarnya malai anakan baru tidak tertinggal dari bibitnya, sehingga masa pemasakannya pun berbarengan. Batang tanaman padi bisa memanjang secara optimal sehingga calon malainya memungkinkan lebih panjang dibandingkan dengan tanaman yang berbatang pendek.

Aplikasi yang kedua ketika malai yang keluar sekitar 3 – 5% ( umur 55 – 60 HST ) dengan tujuan mempercepat dan menyeragamkan keluarnya malai. Pada umumnya malai keluar 100% setelah 7 hari dari pertama malai muncul, dengan pemberian GA3 ZPT SUPER GIB 20 T ( yang berbentuk Tablet ) atau SUPER GIBB 40 SL ( Berbentuk Cair ) dengan Kombinasi pupuk yang saya sebutkan diatas,  akan mempercepat antara 5 – 7 hari. Dengan kata lain, waktu panennya pun akan lebih cepat.

Dosis Aplikasi dan Kombinasi Pupuk :

Dosis aplikasi biasanya ada dan tercantum dalam kemasan komersil produk berbahan aktif GA3, namun tidak semua merek merekomendasikan GA3 untuk tanaman padi. Demikian juga kandungan bahan aktif GA3 di pasaran bermacam-macam, ada yang 5% dan ada pula yang 20% bahkan 40 %. Kondisi lingkungan juga berpengaruh, pemberian GA3 pada musim penghujan dengan musim tanam kedua juga berbeda. Tanaman padi yang tumbuh di lingkungan persawahan yang tanahnya subur butuh tambahan GA3 dalam jumlah sedikit dibandingkan pada padi yang tumbuh di tanah yang miskin hara.

Padi, GA3, ZPT, Butir Padi, Rendemen Tinggi, Gibrellin, LMGA, AGRO, Toko, Pertanian, Online, Harga Murah, Jual

APLIKASI SUPER GIBB

Sebagai referensi, berdasarkan beberapa pengalaman petani dan Penulis selama ini, dosis aplikasi untuk tanaman padi pada musim kedua (jawa : sadon) untuk Aplikasi pertama ( 30 – 35 HST ) Tanki kapasitas 17 Liter menggunakan SUPER GIBB 40 SL yang mengandung 40% GA3 2.5 CC + 1 Sendok Makan Pupuk Magnesium Sulfat + 2 Sendok Makan Pupuk Kalium Nitrat + 1 Sendok Mono Kalium Phosphate + 20 Tetes Vitaflora ( Tetes tanpa tekan ). Untuk aplikasi pemupukan yang ke dua yaitu umur padi 55 – 60 HST dosis yang di gunakan adalah : Tanki kapasitas 17 Liter  menggunakan SUPER GIBB 40 SL yang mengandung 40% GA3 2.5 CC + 2 Sendok Makan Pupuk Magnesium Sulfat + 1 Sendok Makan Pupuk Kalium Nitrat + 2 Sendok Mono Kalium Phosphate + 30 Tetes Vitaflora ( Tetes tanpa tekan ). Untuk aplikasi di musim penghujan maka cukup GA3 ( Super Gibb ) yang di kurangi dosisnya menjadi 1.5 – 2 CC. Sebagai catatan tambahan, aplikasi GA3 pada tanaman padi sebaiknya telah dipupuk (tersedia hara bagi tanaman) dan kondisi tanah tidak sedang kekeringan. Kalau menggunakan Super Gib Tablet apilkasi di tanaman padi bisa di potong jadi 3 untuk musim kemarau dan di potong jadi 4 untuk musim penghujan.

Demikian sekilas info tentang pemakaian ZPT GA3 Super Gibb 40 SL dan Super Gibb 20 T pada tanaman padi. Apabila ada yang kurang jelas serta membutuhkan pupuk yang saya sebutkan di atas bisa menhubungi Toko Pertanian On Line LMGA AGRO selaku ( Agen, Distributor, Dealer, Resmi ) yang menyediakan dan menjual benih, bibit, obat, pestisida, sarana dan alat pertanian dengan harga murah dan siap mengirim ke sluruh Indonesia. Kami juga mentediakan layanan Konsultasi Budidaya Gratis.  Kontak person Toko Benih dan sarana pertanian LMGA AGRO ada di CP Budi : Telp. 082 141 747 141 atau SMS/WA 0812 5222 117.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 27 Juli 2015 in ZPT

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: