RSS

CABAI IMOLA SENJATA PETANI MENGHADAPI SERANGAN VIRUS

10 Mar

Benih, Bibit, Tanaman, Cabai, Cabe, Imola, Tahan, Layu, Virus, Eston Seed, LMGA AGRO, Harga Murah, Toko Pertanian,Budidaya, Menanam, Cara, Rawit, Kecil, Merah

HASIL BUDIDAYA F1 IMOLA

Cabai merah besar adalah salah satu komoditas pertanian favorit para petani hortikultura di Indonesia selain cabai rawit. Produsen benih banyak mengeluarkan produk benih cabai merah besar dengan segala kelebihannya, seperti Cabai F1 Gada, Cabai F1 Gada MK, Cabai F1 Fanatic, Cabai F1 Imperial 10, Cabai F1 Elegance, Cabai F1 Namprae, Cabai F1 Imola dan lain-lain. Selain cara menanam cabai, pemilihan benih yang tepat sangat penting terutama untuk keberhasilan budidaya cabai dan mendapatkan hasil panen yang tinggi. Terutama untuk daerah sentra budidaya cabai, benih yang tahan virus sangat dibutuhkan. Hal ini disebabkan beberapa daerah sentra budidaya cabai di Jawa Timur menjadi daerah endemik virus. Akibat serangan virus produksi cabai menurun hingga jauh dari produksi normal dan harga cabai melonjak.

Virus pada tanaman cabai adalah salah satu pengganggu tanaman yang bisa menjadi penyebab kegagalan panen dan kerugian bagi petani cabai. Serangan virus pada cabai biasanya disebut juga penyakit kuning keriting disebabkan oleh virus Gemini. Gejala serangan virus pada tanaman cabai adalah sebagai berikut :

  • Bercak kuning di atas permukaan daun kemudian perlahan meluas hingga seluruh permukaan daun menguning
  • Tulang daun menebal dan daun menggulung ke atas (cupping)
  • Bentuk daun menjadi lebih kecil dari ukuran normal, warna daun menjadi kuning terang
  • Daun terlihat keriting
  • Setelah kuning, daun sebagian menjadi rontok
  • Tanaman menjadi kecil dan tidak berbuah

Pengamatan lapang menunjukkan pertanaman cabai merah yang 100% terserang, sama sekali tidak menghasilkan buah. Kecepatan virus ini menyebar menjadikan virus ini sebagai penyakit utama pada budidaya cabai di Indonesia. Untuk mengatasi penyakit ini maka produsen benih memproduksi benih yang memiliki ketahanan terhadap serangan virus. Diantaranya Cabai F1 Imola. Cabai F1 imola diharapkan mampu menjadi senjata bagi petani dalam menghadapi serangan virus.

Cabai F1 Imola adalah cabai hibrida yang masuk dalam kategori cabai besar yang memiliki ketahanan terhadap virus kuning dan keriting. Berdasarkan pengamatan kami di sentra penanaman cabai seperti di Jawa Timur yang merupakan daerah endemik virus, Cabai F1 Imola mampu menjadi senjata petani menghadapi serangan virus. Cabai F1 Imola adalah cabai besar yang dipasarkan oleh Eston Seed, mampu beradaptasi luas pada dataran rendah sampai tinggi. Selain itu, cabai ini juga mampu beradaptasi di musim hujan maupun musim kemarau, sehingga bisa ditanam kapanpun. Karakteristik tanaman Cabai F1 Imola adalah :

  • Vigor tanaman kokoh
  • Tanaman melebar, percabangan banyak dan rapat
  • Memiliki ruas yang pendek
  • Buah lebat dan pertumbuhan yang terus menerus
  • Bentuk buah besar, panjang lurus dan lentur
  • Buah memiliki ukuran panjang 15 – 17 cm dengan diameter 1,4 – 1,6 cm
  • Buah memiliki daya simpan yang baik
  • Umur panen 73 – 78 hari setelah tanam
  • Toleran terhadap penyakit Virus Gemini, layu bakteri, layu fusarium dan layu phythoptora

Dengan karakteristik tersebut diatas, maka Cabai F1 Imola dapat menjadi salah satu benih cabai pilihan terutama di daerah endemik virus. Dengan jarak tanaman 70 x 70 cm di musim penghujan dan 60 x 60 cm di musim kemarau, Cabai F1 Imola memiliki potensi hasil 1 – 2 kg per tanaman. Kemampuan Cabai F1 Imola beradaptasi, ketahanannya terhadap virus dan potensi hasilnya yang relatif tinggi diharapkan produksi cabai meningkat dan petani cabai mendapat keuntungan yang besar.

Demikian uraian singkat tentang Cabai F1 Imola senjata petani menghadapi serangan virus. Apabila pembaca membutuhkan benih Cabai F1 Imola silahkan menghubungi Toko Pertanian On Line LMGA AGRO selaku ( Agen, Distributor, Dealer, Resmi ) yang menjual Benih, Bibit, Pupuk, Pestisida dan Alat pertanian dengan harga bersaing. Kami siap mengirim ke seluruh wilayah Indonesia dengan harga murah dan tepat waktu. Kami juga memberikan layanan Konsultasi Gratis untuk peramasalah budidaya cabai anda. Hubungi Toko Pertanian On Line LMGA AGRO di CP Budi : Telp. 082 141 747 141 atau SMS/WA 0812 5222 117.

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 10 Maret 2015 in Benih

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

2 responses to “CABAI IMOLA SENJATA PETANI MENGHADAPI SERANGAN VIRUS

  1. denm45m00l

    31 Juli 2016 at 4:56 am

    mohon info tentang cbai IMOLA. berapa harga perkemsan, juga bagaimana caranya order. trims

     
    • lmgaagro

      1 Agustus 2016 at 1:16 am

      Untuk informasi harga dan pemesanan silakan Bapak bisa menghubungi langsung LMGA AGRO di CP Bpk.Budi Telp. 082 141 747 141 atau SMS/WA : 0812 5222 117. Terimakasih.

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: