RSS

JUAL DAN MANFAAT BENIH UNGGUL KENIKIR

24 Des

Benih, Bibit, Unggul, Kenikir, Ulam Raja, Manfaat, Khasiat, Daun, Tanaman, Budidaya, Petani, Pertanian

DAUN KENIKIR YANG SEHAT

Petani saat ini yang memiliki sifat JELI, PERINTIS  dan ULET lah yang bisa bertahan dengan kondisi lingkungan yang semakin tidak bersahabat ini. Maksud dengan lingkungan di sini adalah mulai dari : Keperpihakan pemerintah, Harga – Harga sarana dan prasarana  yang semakin tinggi karena terkena dampak Inflasi, aturan perundangan yang lemah dengan aturan pemetaan akan manfaat terhadap daya guna lahan pertanian, serta nilai jual produk pertanian yang relatif tetap dari tahun ke tahun.

Beberapa Faktor inilah yang menyebabkan kondisi petani kita semakin terjepit dan tidak mempunyai daya saing kualitas dan produk yang dihasilkan. Kondisi ini apabila terus menerus terjadi tanpa adanya perubahan maka akan sangat berbahaya karena dunia pertanian semakin tidak diminati oleh generasi muda kita dan pada akhirnya lahan pertanian banyak yang tidak di tanami dan di jual untuk alih fungsi lahan.

Semoga dengan adanya Presiden ke 7 kita bapak Joko Widodo dengan wakilnya bapak Muhammad Jusuf Kalla ini keperpihakan terhadap petani semakin tinggi sehingga mampu meningkatkan nilai taraf Ekonomi rakyat pertanian. Meningkatnya perhatian terhadap masyarakat petani di harapkan negara kita akan bisa meraih kejayaan dan di segani Swasembada Pangannya.

Seperti yang saya sampaikan di atas bahwa hanya petani yang JELI, ULET dan TIPE PERINTIS Lah  yang akan berhasil. Berkaitan dengan ini saya akan membahas dengan peluang pasar dari Tanaman yang bernama KENIKIR ( ULAM RAJA ). Tanaman ini selama ini masih belum banyak yang menanam atau mebudidayakan secara produktif untuk tujuan di konsumsi atau untuk kebutuhanan obat herbal. Namun penulis yakin dengan meningkatnya kebutuhan akan  konsumsi dan kebutuhan obat – obatan herbal dari daun KENINGKIR ini akan semakin meningkatkan jumlah kebutuhan dan konsumsi daun KENIKIR ini dari tahun ke tahun. Hasil tulisan ini merupakan hasil dari telaah akan Fungsi dan Manfaat dari DAUN KENIKIR yang banyak dan luar biasa untuk kesehatan tubuh manusia dan semakin sadarnya masyarakat indonesia akan pentingnya arti hidup sehat. Hasil Survey dan  pengamatan penulis di pasar Induk Sayur pun dari hari ke hari permintaan akan DAUN KENIKIR ( ULAM RAJA ) untuk Konsumsi segar ini semakin tinggi. Pada saat saya melakukan Survey di pasar Induk Sayur Petani 3 tahun lalu, dalam sehari  panen DAUN KENIKIR ( ULAM RAJA ) ini hanya 2 – 3 gerobak FUKUDA ( Motor Roda 3 ) dan saat ini setelah 3 tahun kemudian, permintaan atau petani yang menjual dan mengirim  DAUN  KENIKIR di Pasar Induk Sayur  yang sama sudah 20 – 25 gerobak FUKUDA ( Motor Roda 3 ). Berdasarkan data tersebut dapat di katakan bahwa dalam waktu 3 tahun permintaan DAUN KENIKIR ini meningkat hampir 800 %.

Benih, Bibit, Unggul, Kenikir, Lalap, Nasi Pecel, Daun, Tanaman, Budidaya

DAUN KENIKIR SIAP PANEN

KENIKIR atau ULAM RAJA merupakan tumbuhan tropis yang berasal dari Amerika Latin, Amerika Tengah, tetapi tumbuh liar dan mudah didapati di Florida, Amerika Serikat, serta di Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya. Spesies ini dibawa ke Asia Tenggara melalui Filipina oleh Spanyol.  Kenikir adalah anggota dari Asteraceae. Manakala tumbuhan bunga yang berwarna kuning jarang digunakannya sebagai ulam, yang berwarna ungu merupakan sayuran salad yang sangat populer dimakan mentah bersama nasi atau dicacah dengan budu, sambal terasi, tempoyak, serta cincalok. Spesies ini disebut ulam raja di Malaysia yang berarti salad raja.

KENIKIR ( ULAM RAJA ) adalah tumbuhan tahunan yang berbatang pipa dengan garis-garis yang membujur. Tingginya dapat mencapai 1 m dan daunnya bertangkai panjang dan duduk daunnya berhadapan, sehingga terbagi menyirip menjadi 2-3 tangkai.  Baunya seperti damar apabila diremas. Bunganya tersusun pada bongkol yang banyak terdapat di ujung batang dan pada ketiak daun-daun teratas, berwarma oranye berbintik-bintik kuning di tengah-tengahnya, dan bijinya berbentuk paruh.

Tersebar di Amerika Tengah yang suhunya panas. Ia menyukai iklim panas yang tak begitu lembab, tanah yang berpasir dan subur, tanah terbuka dan penyinaran matahari yang penuh. Di Indonesia, kenikir banyak ditanam di Jawa dan dataran rendah hingga pegunungan sampai ketinggian 1.200 mdpl. Biasanya ditanam di sekitar rumah sebagai tanaman hias.

Daun kenikir yang masih muda dan pucuknya dapat digunakan untuk sayuran, dimakan mentah-mentah dan direbus lalap. Masyarakat Jawa sudah biasa menggunakan sebagai salah satu pelengkap pecel. Sayuran ini dapat ditemui di pasar-pasar tradisional. Tumbuhan ini dapat digunakan untuk penyedap dan merangsang nafsu makan. Dilaporkan, kenikir dapat mengusir serangga (dengan menanam kenikir di antara tumbuhan tersebut, dan alang-alang ).

Tumbuhan KENIKIR ini dapat diperbanyak dengan biji, namun sayang sekali tumbuhan ini pada musim hujan mudah diserang hama jamur.

Manfaat dan khasiat daun kenikir sangat banyak. Daun atau Ulamnya yang disebut “ulam raja” telah digunakan secara tradisional untuk memperbaiki peredaran darah dan mencuci darah, serta untuk menguatkan tulang, dan mengobati lemah lambung. Ulamnya mempunyai kandungan antioksida (AEAC) yang amat tinggi, yaitu setiap 100 gram salad yang segar mengandung antioksidan yang sama dengan 2.400 miligram asam L-askorbik. Lebih dari dua puluh jenis bahan antioksidan telah dikenal pasti dalam kenikir. Bahan-bahan antioksidan yang utama disebabkan oleh adanya sejumlah proantosianidin yang wujud sebagai dimer, melalui heksamer, kuersetin glikosida, asam klorogenik, asam neoklorogenik, asam kripto-klorogenik, serta penangkap (+)-. Kemampuan kenikir untuk mengurangi tekanan oksidatif dikarenakan kandungan antioksidannya yang tinggi. Dan juga, tumbuhan ini mengandung zat kimia yang mengandung minyak atsiri, saponin dan flavonoida polifenol.

Berdasarkan penelitian, kenikir mengandung 3 persen protein, 0,4 persen lemak dan karbohidrat serta kaya dengan kalsium dan vitamin A. Senyawa yang bersifat antioksidan dapat memacu proses apoptosis melalui jalur intrinsik (jalur mitokondria).

Demikian sekilas info tentang peluang pasar dan manfaat dari  DAUN KENIKIR ( ULAM RAJA ). Apabila pembaca kurang jelas tentang Budidaya Benih Unggul DAUN KENIKIR ( ULAM RAJA ) atau dan membutuhkan benih kenikir tersebut, silakan hubungi toko pertanian online LMGA AGRO harga murah, selaku ( Agen, Distributor, Dealer, Resmi ) yang menjual benih, bibit, obat – obatan dan alat pertanian yang siap mengirim ke seluruh Indonesia dengan harga bersain dan tepat waktu. Kontak Person LMGA AGRO ada di : BUDI Hp : 082 141 747 141 / PIN BB : 28C674E5.

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 24 Desember 2014 in Benih

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

2 responses to “JUAL DAN MANFAAT BENIH UNGGUL KENIKIR

  1. Lilis candra

    9 Oktober 2015 at 11:07 am

    selamat malam Pak Budi,
    bagaimana cara dan syaratnya jika ingin jadi: Agen/Distributor/Dealer Resmi untuk penjualan produk2/bibit2 tanaman yg disini ?

     
  2. imelda

    10 Oktober 2015 at 7:50 am

    Pak budi, saya mau beli benih kenikir untuk saya tanam dirumah buat konsumsi sendiri. Berapa harga 1 packnya pak untuk benih kenikir? Kirim ke daerah jakarta utara. Tolong info ya.makasih

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: