RSS

KEUNGGULAN TOMAT TANTYNA PANAH MERAH DI DATARAN RENDAH

04 Des

Benih, Bibit, Unggul, Hibrida, Tahan, Virus, Layu, Bakteri, LMGA AGRO, Toko Online, Harga Murah

TOMAT TAHAN VIRUS TANTYNA

Tanaman tomat sudah banyak dibudidayakan oleh banyak petani di Indonesia, hal ini seiring dengan semakin banyaknya permintaan buah tomat untuk memenuhi kebutuhan kita, baik untuk kebutuhan memasak sehari – hari, kebutuhan hotel, rumah makan ataupun untuk memenuhi permintaan dari perusahaan makanan seperti pabrik saos dan pabrik minuman olahan. Permintaan tersebut semakin meningkatkan luas area penanaman tanaman tomat di Indonesia.

Seiring dengan semakin meningkatnya permintaan dan area penanaman tomat tersebut maka memacu penanaman tomat yang semakin sering dan tidak adanya proses mengistirahatkan lahan. Hal ini menyebakan timbulnya permasalahan baru di tingkat petani yaitu adanya variasi dan sulitnya pengendalian Hama dan Penyakit yang ada di tanaman tomat. Bahkan sudah 3 tahun ini serangan HPT di tanaman tomat, terutama Virus kuning sudah mulai mengkawatirkan dan sampai pada menjadi sebab petani gagal panen. Untuk itu diperlukan tips dan kiat sukses menanam tomat, salah satunya dengan pemilihan benih yang tepat.

Saat ini hanya tanaman tomat yang tahan Virus yang bisa ditanam dan masih bisa menghasilkan dengan memuaskan yang di daerah sentra ( pusat ) penanaman. Apabila tanam benih tomat yang belum mempunyai sifat tahan virus, maka akan mendatangkan kerugian bagi petani penanamnya, karena tanaman terkadang hanya mampu bertahan sampai 30 HST.

Saat ini tomat tahan Virus yang sudah ada di pasaran antara lain : untuk yang di produksi oleh PT. Bisi International ( brand Cap Kapal Terbang ) ada F1 Fortuna 23, F1 Royal 58 dari PT. East West Seed Indonesia ada F1 Tymoti, F1 Servo, F1 Betavila, F1 Tyrana, F1 Tantyna dan masih ada lagi perusahaan lain yang juga sudah menghasilkan tomat tahan virus seperti Matahari Seed dan Bintang Citra Asia. Pada kesempatan ini saya akan membahas sedikit tentang Tomat F1 Tahan Virus yang diproduksi oleh PT. East West Seed Indonesia yang sudah mapan dengan Brand Cap Panah Merah. Untuk Produk benih tomat memang saat ini adalah PT East West Seed dan  hampir menguasai pasar Nasional 70 %.

Adapun tomat yang akan kita bahas saat ini adalah Tomat tahan Virus F1 TANTYNA. Tomat ini mempuyai beberapa keunggulan yang dominan antara lain adalah :

  • Tanaman tomat Hibrida ( F1 ) Tantyna sangat adaptasi dengan daerah dataran rendah dan daerah yang panas, dengan hasil panen buah tidak pecah

  • Tomat Tantyna Cap Panah Merah ini tahan serangan Virus kuning dan keriting yang biasanya dibawa oleh Gemini Virus ( Kutu Kebul/ White Fly )

  • Tanaman tomat Tantyna mempunyai ukuran buah yang relatif besar yaitu 90 Gram pada panen perdana ( awal ) dan 80 Gram setelah beberapa kali petik

  • Tanaman Tomat Hibrida Tantyna produk Panah Merah ini relatif tahan terhadap cekaman Calsium sehingga cocok juga untuk musim penghujan dan tidak banyak yang terkena Blossom ( Pantat hitam )

  • Selain tahan layu tomat F1 Tantyna ini juga cukup tahan penyakit layu jamur dan Bakteri apabila dibandingkan dengan tomat Produk Panah Merah yang lain

  • Ketahanan daun terhadap serangan becak Daun dan Phytoptora termasuk bagus dan tahan

  • Tipe tanaman semideterminate sehingga kita harus menyediakan  pupuk dan salaran yang cukup tinggi

  • Tersedia dalam kemasan 1.750 Butir per Sachet dengan  kebutuhan benih sekitar 13 Sachet per Ha nya

Demikian sedikit ulasan tentang tomat tahan Virus yang diproduksi oleh East West Seed Cap Panah Merah ini. Apabila ada yang kurang jelas dan membutuhkan tomat Hibrida TANTYNA silakan hubungi toko  Pertanian Online LMGA AGRO selaku ( Agen, Distributor, Dealer, Resmi ) yang menyediakan Benih, Pestisida, Obat dan Peralatan  Pertanian dengan lengkap dan siap mengirim keseluruh Indonesia. Silakan hubungi CP Budi : Telp. 082 141 747 141 atau SMS/WA 0812 5222 117.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 4 Desember 2014 in Benih

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: