RSS

MELON APOLLO KULIT KUNING HARGA CANTIK

01 Agu

Melon, Kuning, Cantalope, Apollo

Melon F1 Apollo

Melon yang ada di pasaran sekarang sangat bervariasi sekali baik secara bentuk, warna dan rasanya. Kalau kita kilas balik 15 tahun yang lalu melon yang di tanam oleh petani hanya 1 macam yaitu melon yang namaya F1 Sky Rocket produk dari Known You Seed. Melon Sky Rocket ini adalah melon dengan jenis bernet dengan rasa buah yang manis, daging berwarna kuning kehijauan dengan kulit mempunyai net yang tebal dan rata. Namun sekarang jenis melon sudah sangat Variasi mulai bulat, lonjong, kulit bernet, kulit halus warna kuning, berdaging orange dll.

     Bentuk buah melon yang beredar di Indonesia tersebut menunjukkan permintaan dan penerimaan pasar di Indonesia semakin tinggi dan bervariasi. Hal ini sekaligus menunjukkan bawah peluang pasar yang ada berarti semakin besar dan akan terus berkembang. Ini juga merupakan peluang pasar bagi perusahaan benih di Indonesia untuk terus menggerakkan para Breedernya untuk terus melakukan Inovasi dalam menghasilkan benih melon ini. Saat ini perusahaan Benih yang sudah berkecimpung dalam produksi melon antara lain : PT. Bisi International, PT. East West Seed Indonesia,  Sakata Seed, Tunas Seed Dll.

Melon, Benih, Apollo, LMGA< AGRO, Toko Online, Agen, Distributor

Panen Melon F1 Apollo

Pada kesempatan ini saya   akan coba membahas   tentang peluang dari melon ( Tipe Cantalope ) yang bentuk dan tampilannya cantik dengan kulit kuning dan rasanya manis tak tertandingi. Nama benih melon nan molek itu adalah melon Hibrida ( F1 ) APOLLO yang di produksi oleh Known You Seed Taiwan. Sampai saat ini perusahaan benih Known You Seed ini belum ada yang menandaingi dalam hal perintis dan pembuka trend pasar di produksi benih sayur dunia.

    Membudidayakan melon Hibrida Apollo dari Known You Seed ini cara sama dengan melon yang lainnya, melon Apollo tak terlalu sulit di daerah iklim tropis seperti Indonesia. Budidaya melon Hibrida Apollo di daerah tropis akan mempunyai peluang berhasil dan tonase hasil buah yang lebih besar bila di bandingkan dengan di daerah Tropis.  Asalkan, perawatan dilakukan rutin dan tak terjangkit virus, petani bisa memanen dalam waktu antara 60 – 70 hari.

    Sudah menjadi kehendak alam ketika Indonesia dianugerahi iklim tropis dengan hamparan tanah yang subur. Inilah keuntungan negeri ini. Hampir semua tanaman yang kuat menahan sengatan matahari bisa tumbuh dengan baik. Seperti saya pernah bertanya kepada petani Melon Apollo di Lamongan mengatakan bahwa Budidaya Melon Hibrida Apollo itu daerah dataran rendah ( 0 – 250 MDPL ), perawatan cukup mudah, asal mengikuti dan disiplin  aturan main/persyaratan tanaman pasti berhasil.

     Walaupun melon F1 Apollo ini dapat di tanam di daerah sekitar pantai namun kunci utama tanaman ini adalah tidak boleh berlebihan dalam pasokan air karena justru akan mengakibatkan merusak pertumbuhan tanaman terganggu atau bahkan menyebabkan kematian, namun jangan pula kekurangan air. Di Saat musim kemarau tanaman melon Apollo bisa di lakukan pengairan 5 – 8 hari sekali dengan melihat kondisi tanah dan lingkungan, penanaman melon jenis Apollo ini tanah yang mau di gunakan untuk lokasi tanam harus benar – benar disiapkan mulai pengolahannya sampai dengan dengan pemberian pupuk dasar dan dolomitnya.

    Sebelum di lakukan penanaman benih melon Apollo di semai terlebih dahulu kurang lebih 7 – 8 hari baru pindah tanam, lebih baik baik sebelum ditanam di Polybag semai yang berukuran 6 x 8 Cm, benih di rendam air hangat. Caranya dengan memasukkan biji ke dalam kantong plastik klip yang telah dilubangi kemudian direndam di air selama satu jam. Setelah itu, benih tersebut diperam dengan handuk basah selama 12 jam.

     Setelah benih mengeluarkan    kecambah,  baru   disemai dalam   pollybag ( yang tadi sudah di siapkan ) yang berisi campuran sabut kelapa dan pupuk kandang. Dalam waktu 8 hari, tiga helai daun melon Apollo akan tumbuh sempurna. Setelah daun sempurna, pohon bisa dipindahkan ke lahan tanam yang lebih besar dengan jarak tanam 60 cm x 60 cm.

Yang harus diperhatikan, pemupukan tanaman ini harus dilakukan selama satu minggu sekali. Selain itu, setelah berumur 21 hari ( menjelang pembungaan ), pembudidaya harus menambahkan pupuk yang mengandung unsur kalium agar bunga tak cepat rontok. Dan tentu saja, pembudidaya tak boleh lengah atas gangguan hama yang mungkin menyerang tanaman asal negeri Taiwan ini.

Agar melon Apollo memberi hasil yang maximal, selama pemeliharaan tanaman melon Apollo harus terhindar dari serangan hama, virus, lalat buah  atau penyakit lainnya, Jangan lalai pula untuk memantau pertumbuhan tanaman dari hari ke hari. Kalau perlu lahan hamparan melon Apollo setiap pagi dan sore harus di kelilingi sehingga kalau ada serangan Hama dan Penyakit sedini mungkin dapat di cegah, jangan menunggu sampai parah.

   Serangan hama penyakit dan virus yang menjangkiti tanaman ini bisa mengganggu pertumbuhan tanaman. Bahkan, akibat lebih jauhnya adalah kegagalan panen bagi para petani melon Apollo.

    Populasi yang ideal untuk tanaman melon Hibrida Apollo ini adalah 17.000 per Hektare tanah. Satu pohon melon Apollo ini bisa menghasilkan satu buah dengan bobot hingga 2 kg dalam waktu 60 hingga 70 hari. “Filosofi dalam menanam melon adalah high risk, high cost, tapi high profit,” .

   Beberapa keunggulan dari melon si Kulit Kuning Apollo ini yang kami amati dan kami pahami antara lain adalah :

  • Panen dapat di lakukan dalam waktu yang cepat dan pendek 70 Hst sehingga bisa banyak menekan biaya

  • Buah hasil panen melon Apollo di pasaran masih jauh lebih tinggi bila di banding melon Hijau kekuningan atau melon Japanes ( Glamour )

  • Tanaman relatif lebih tahan terhadap serangan Virus di bandingkan denga tipe melon Orange, namu kurang tahan terhadap serangan Downey Mildew dan Powdery Mildew

  • Ukuran buah cebderung lebih stabil dan seragan, dengan catatan daun tanaman tetap utuh

  • Peluang pasar dari hari ke hari semakin besar dengan semakin banyaknya pendirian  Hotel, Restouran, Supermarket dan Rumah Makan

  • Penerimaan pasar  hasil melon Grade C untuk pasaran stand pedagang buah dan kebutuhan Catering semakin tinggi sehingga peluang terbuangnya buah kecil semakin kecil

     Demikian sekilas informasi tulisan kami tentang Peluang Melon Kuning Hibrida Apollo produk dari Known You Seed Taiwan ini kami tulis. Semoga bisa membawa manfaat bagi kita semua. Apabila ada yang kurang jelas, serta membutuhkan benih Melon Apollo dan mau konsultasi berkaitan dengan Melon Apollo ini silakan Hubungi Toko Pertanian  Online LMGA AGRO di CP Budi melalui Telp. 082 141 747 141 atau SMS/WA : 0812 5222 117.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 1 Agustus 2014 in Benih

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: