RSS

MANFAAT DAN CARA BUDIDAYA LABU KUNING YANG BAIK DAN BENAR

04 Mei

waluh,benih,bibit,tanaman,labu,golden mama 35, lmga agro

SISTEM PENANAMAN WALUH HIBRIDA

Labu parang sering disebut juga Waluh Kuning ( Labu Kuning ). Sebagian besar masyarakat Indonesia sangat menyukai labu parang ( Labu Kuning ) untuk digunakan sebagai kolak, dodol atau bahan kue-kue. Banyak manfaat Buah Labu Kuning, bisa dilihat di sini, salah asatu jenis Varietas tanaman Waluh yang termasuk jenis ini adalah Waluh ( Labu ) F1 GOLDEN MAMA 35 dan Waluh F1 SUPREMA. Golden Mama adalah Produk dari Bisi International ( Cap Kapal Terbang ) sedangkan Waluh F1 Suprema dan produk East West Seed ( Cap Panah Merah ).

Beberapa manfaat dari Buah Waluh ( Labu Kuning  )  Hibrida F1 GOLDEN MAMA 35 dan F1 SUPREMA adalah sebagai berikut :

  1. Manfaat Buah Labu Kuning atau Waluh  F1 Suprema dan F1 Golden Mama 35  Buat Kesehatan :Labu kuning memiliki manfaat untuk menjaga pencernaan agar tetap bisa bekerja dengan baik karena buah ini termasuk dalam Jenis Makanan Berserat Tinggi. Serat yang cukup menjauhkan kita dari sembelit, wasir, kanker kolon dan masalah pencernaan lainnya.
  2. Mengkonsumsi buah labu Kuning  Golden Mama dan Suprema secara teratur maka fungsi pankreas akan baik dan insulin bekerja dengan baik. Selain itu buah tersebut tidak menaikan zat gula darah dalam tubuh sehingga sangat baik untuk mencegah penyakit diabetes.
  3. Labu Hibrida ( F1 ) Golden Mama dan F1 Suprema sangat baik untuk kesehatan ginjal dan mampu mencegah penuaan dini karena mengandung antioksidan.
  4. Labu Kaya akan vitamin A, C dan E dan mineral, yang berfungsi untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan radikal bebas.
  5. Labu kuning Hibrida ( F1 ) Golden Mama dan F1 Suprema mengandung beta karoten yang dapat mencegah penyakit paru-paru serta kanker usus besar. Beta karoten juga baik untuk kesehatan jantung.
  6. Secara alami labu kuning mengandung omega 3 asam lemak yang sangat baik untuk kesehatan otak.
  7. Biji buah labu mengandung alkaloid berguna sebagai anti kanker, yang sangat baik untuk mencegah  serangan sel kanker.
  8. Biji dan kulit labu mangandung magnesium, kalium dan seng yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan, yaitu baik untuk kekebalan, kekuatan dan kepadatan tulang. Labu juga sangat bagus untuk membantu melawan hipertensi atau tekanan darah tinggi.
Kadang-kadang labu yang tua digunakan sebagai bahan makanan pokok tambahan. Bijinya dapat dibuat kuwaci. Labu parang yang sudah tua dapat disimpan hingga 4-5 bulan lamanya. Labu parang dapat ditanam didataran rendah sampai dataran ringgi.
Tanaman labu yang ditanam ditegalan, sawah tadah hujan ataupun pekarangan menggunakan para-para, tetapi ada juga yang dibiarkan tumbuh menjalar dipermukaan tanah.
Syarat-syarat Tumbuh
Tanaman labu parang dapat tumbuh ditempat yang berhawa panas dan dingin. Iklim yang dikehendaki adalah iklim kering. Didaerah yang curah hujanya tinggi sebaiknya ditanam di musim kemarau, tetapi sebaiknya didaerah kering ditanam dimusim penghujan.
Tanaman labu Hibrida ( F1 ) Suprema dan F1 Golden Mama memerlukan, tanah yang subur dan gembur. Ditempat yang agak tandus tanaman ini dapat tumbuh juga asalkan dipupuk dengan pupuk kompos atau pupuk kandang secukupnya.
Penulis merokemendasikan untuk tanam Waluh ( Labu ) Hibrida ( F1 ) GOLDEN MAMA dan F1 SUPREMA sekalian sehingga tanaman lebih cepat panen dan hasilnya lebih seragam. Tanaman waluh ( Labu ) Hibrida bisa di panen perdana dengan Umur 65 – 75 HST
labu,waluh,benih,kuning,golden mama 35, lmga agro,budidaya

GOLDEN MAMA

1. Lubang penanaman dan pemupukan dasar
Setiap tanaman labu parang memebutuhkan satu lubang penanaman dengan diameter 25 cm dan dalamya 20 cm.
Setiap lubang tanaman harus diisi dengan pupuk kandang atau kompos sebanyak 5 kg. kompos atau pupuk kandang itu harus dicampur dengan tanah galian sehingga menjadi gundukan kecil.
Seminggu setelah lubang tanaman itu dibuat, maka disetiap gundukan tanah dan pupuk itu dibenamkan 2 biji bibit labu. Bijii-biji labu itu ditanam, harus ditaburi dengan abu sekam atau dapur sebagai penolak hama bekicot dan cacing.
Pemakaian abu dapur dilakukan sampai tanaman tumbuh setinggi 25 cm.
3. Tunas dan para-para
Dianjurkan supaya tanaman labu parang itu dirambatkan keturus turus dan para-para yang sangat kuat.
Berat labu parang itu sekitar 3-5 kg. jadi harus disediakan para-para yang benar-benar kuat karena disetiap tanaman dapat berbuah hingga 10 buah.
Cara membuat para-para yang kuat mula-mula lanjarkan bambu dipotong dengan ukuran 2 m. ukuran tersebut dinaksudakan untuk tiang para-para setinggi 1,5 m diatas permukaan tanah dan 0,5 m didalam tanah..lebih pasnya lagi tinggi tiang disesuaikan dengan tinggi badan karena berhubungan dengan kemudahan dan pemeliharaanya. Untuk satu bibit diperlukan emapat batang tiang dan satu turus. Setelah empat tiang dipancangkan, kemudian dipasang batang-batang bambu dihubungkan keempat tiang tersebut dan diatas batang bambu tersebut dan dipasang bambu-bambu yang telah dibelah menjadi 2 bagian.
labu,waluh,hibrida,panen,golden mama 35, lmga agro

LABU KUNING SIAP PETIK

4. Penyiangan dan pembumbunan tanaman
Penyiangan rumput perlu dilakukan 2-3 kali yaitu pada waktu tanaman berumur 10 hari, 3 minggu dan 6 minggu. Membunbun tanaman dilakukan 2 kali yaitu yaitu pada waktu tanaman berumur 3 minggu dan 6 minggu.
Kalau tanaman labu parang dibiarkan tumbuh dan berproduksi lebih dari 6 bulan, maka setiap 3 bulan sekali perlu diberi tambahan pupuk kandang atau kompos sebanyak 5 kg.
6. Kebutuhan
Untuk menjaga kelembaban akar, maka dianjurkan untuk menaruh mulsa yang terdiri adri jerami atau rumput kering disekitar tumbuhan labu atau menggunakan mulsa hitam perak.

Kalau kelembaban melebihi ukuran dari yang dibutuhkan, maka buah akan berkurang. Sebaliknya daun-daun kan rimbun. Kalau daun- daun terlalu rimbun maka pucuk-pucuk batangnya harus dipotong, dalam praktek diketahui bahwa pemotongan pucuk-pucuk batang adpt memperbaiki pertumbuhan buah. Selain itu diupayakan agar bunga labu parang muadah dilihat kupu-kupu dan lebah agar lebih banyak terjadi penyerbukan dan pembuahan.

Demikian pengalaman dari Budidaya Tanaman Waluh Kuning dan manfaatnya  ini kami tulis dan tuangkan dalam materi cara Budidaya dan Manfaat Waluh ini. Apabila ada yang kurang jelas dan ada yang mau konsultasi serta membutuhkan Benih yang saya sebutkan tadi dan Cara Budidayanya  silakan memghubungi toko Online LMGA AGRO ( Dealer, Agen, Distributor resmi ) di CP Budi melalui Telp. 082 141 747 141 atau SMS/WA : 0812 5222 117, dimana pun anda berada kami siap membantu dan mengirim sampai tujuan

 
3 Komentar

Ditulis oleh pada 4 Mei 2014 in Budidaya

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

3 responses to “MANFAAT DAN CARA BUDIDAYA LABU KUNING YANG BAIK DAN BENAR

  1. husnia

    20 Mei 2014 at 8:08 pm

    bagaimana caranya agar banyak bunga betinanya? Soalnya saya nanam d pekarangan yg muncul bunga jantan terus. Trims.

     
    • lmgaagro

      24 Mei 2014 at 6:40 am

      Terima kasih bapak sudah menghubungi kami. Mohon maaf bapak belum sebutkan tanaman apa yang bapak tanam, jadi kami belum bisa mengasih solusi ke bapak. Terima kasih

       
      • husnia

        15 September 2014 at 8:16 am

        kan artikelnya mbahas tentang LABU KUNING, jadi yg saya tanyakan juga tentang labu kuning… -_-‘

         

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: