RSS

MUSIM KEMARAU TANAM CABAI HIBRIDA GADA MK LEBIH AMAN

09 Mar

Cabai,Cabe, Gada MK, Tahan Virus, Tahan Kekeringan, LMGA AGRO

Cabai F1 Gada MK

     Cabai merah Besar (Capsicum annuum L.) merupakan salah satu jenis sayuran yang memilki nilai ekonomi yang tinggi. Cabai mengandung berbagai macam senyawa yang berguna bagi kesehatan manusia. Kandungan yang ada di cabai mengandung antioksidan yang berfungsi untuk menjaga tubuh dari serangan radikal bebas. Kandungan terbesar antioksidan ini adalah pada cabai hijau. Cabai juga mengandung Lasparaginase dan Capsaicin yang berperan sebagai zat antikanker.

     Cabai (Capsicum annum L) merupakan salah satu komoditas sayuran yang banyak dibudidayakan oleh petani di Indonesia karena memiliki harga jual yang tinggi dan memiliki beberapa manfaat kesehatan yang salah satunya adalah zat capsaicin yang berfungsi dalam mengendalikan penyakit kanker. Selain itu kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada cabai dapat memenuhi kebutuhan harian setiap orang, namun harus dikonsumsi secukupnya untuk menghindari nyeri lambung.

     Jenis cabai besar merah Hibrida yang saat ini sudah ada di pasaran dan sudah banyak di tanam petani antara lain adalah : Cabai F1 Gada MK, F1 Gada, F1 Imperial 10, F1 Horison, F1 Restu, F1 Profit, F1 Imola, F1 Emerald, F1 Arimbi DLL

     Pada kesempatan ini kita akan membahas sedikit masalah Budidaya Cabai terutama menghadapi musim kemarau yang akan datang.  Musim kemarau kalau tidak disiasati dan  persiapkan secara dini akan menyebabkan awalnya kegagalan dalam Budidaya Tanaman Cabai. Karena cabai termasuk tanaman Hortikultura yang membutuhkan banyak air.  Bagi tanmana  Cabai ketersedian dan kecukupan air akan digunakan sebagai berikut :

  1. Sebagai senyawa utama pembentuk protoplasma.
  2. Sebagai senyawa pelarut bagi masuknya mineral-mineral dari larutan tanah ke tanaman dan sebagai pelarut mineral nutrisi yang akan diangkut dari satu bagian sel ke bagian sel lain.
  3. Sebagai media terjadinya reaksi-reaksi metabolik sebagai rektan pada sejumlah reaksi metabolisme seperti siklus asam trikarboksilat.
  4. Sebagai penghasil hidrogen pada proses fotosíntesis.
  5. Menjaga turgiditas sel dan berperan sebagai tenaga mekanik dalam pembesaran sel.
  6. Mengatur mekanisme gerakan tanaman seperti membuka dan menutupnya stomata, membuka dan menutupnya bunga serta melipatnya daun-daun tanaman tertentu.
  7. Berperan dalam perpanjangan sel.
  8. Sebagai bahan metabolisme dan produk akhir respirasi.
  9. Digunakan dalam proses respirasi.

     Melihat pentingnya air bagi tanaman tersebut maka kita harus menyiapkan betul-betul mulai dari pemilihan Lokasi Tanam harus dekat dengan sumber air, kalaupun harus di bikinkan dengan sumur harus kedalamanya tidak boleh lebih dari 8 Meter, sumber pupuk kandang harus mudah dan melimpah di harapkan dengan aplikasi pupuk kandang yang banyak di area yang mau di gunakan untuk tanam cabai tanah bisa dapat meningkat daya simpan airnya, kalau perlu di siapkan lubang dengan ukuran 10 meter x 10 meter x 1.5 meter kemudian di lapisi dengan terpal yang fungsinya untuk menanpung air hujan atau air dari Sumur sehingga diharapkan kita akan kecukupan selama proses Budidaya Cabai.  Air tersebut  nantinya akan di gunakan untuk pengairan tanaman, di gunakan untuk pencampuran obat selama melakukan penyemprotan tanaman dan di gunakan untuk pengenceran pupuk ( pengocoran ) tanaman selama masa perawatan.

     Selain solusi tersebut di atas kita juga harus menggunakan kita juga harus pandai – pandai dalam memilih jenis benih yang akan kita tanam, dimana benih tersebut memang harus punya daya adaptasi tinggi terhadap musim kemarau ( Kering ).

     Pada kesempatan menulis ini kita akan membahas Varietas Cabai besar baru dari Cap Panah Merah yaitu Cabai F1 Gada MK. Dilihat dari nama belakangnya ada tambahan nama MK tersebut adalah kepanjangan dari Musim Kemarau. Memang kalau di lihat performa dan penampilan di lapang Cabai ini lebih cocok dan beradaptasi di musim kemarau. Hal ini bisa dilikat tanaman yang cukup kuat  dalam kondisi  cekaman lingkungan ( Kekurangan Air ) masih bisa tumbuh dan menghasilkan buah yang banyak di Banding Varietas pendahulunya yaitu cabai F1 Gada. Penanaman cabai F1 Gada MK di daerah  yang selama ini stock kebutuhan airnya sangat minim seperti di daerah Gunung dan Pasir cabai ini masih menunjukkan dan memberikan hasil yang memuaskan. Tanaman juga mempunyai ketahanan terhadap Hama dan Penyakit yang selama ini banyak muncul di Musim kemarau seperti Trip dan Mite yang akhirnya akan menyebabkan serangan Virus apabila bila tingkat serangan tinggi dan tidak segera dikendalikan Vektornya.

Beberapa Gambaran dari cabai  Hibrida ( F1 ) Gada MK ini antara lain adalah :

  1. di rekomendasikan untuk di tanam di dataran rendah
  2. Tanaman cukup tahan terhadap serangan layu Bakteri
  3. Cabai Gada MK dapat di panen pada saat cabai berumur 80 HST dengan potensi hasil 1.300 Gram / Pohon atau potensi per Ha mencapai 25 Ton Ha
  4. Tanaman cabai Gada MK lebih cocok bila di tanam di musim kemarau  dan masih bisa tumbuh cukup bagus dan normal dalam kondisi tanaman kekurangan air
  5. Tersedia dalam kemasan 1.500 Butir / Sachet dengan kebutuhan per Ha  adalah 15 Sachet

      Demikian sekilas info dari cabai Hibrida Gada MK dari Cap Panah Merah apabila kurang jelas dan membutuhkan Benih Gada MK tersebut dapat mengubungi langsung di Toko Online LMGA AGRO dan kami siap mengirim di manapun daerah tujuan di seluruh Indonesia. adapun Contack person Toko LMGA AGRO ada di CP Budi melalui Telp. 082 141 747 141 atau SMS/WA : 0812 5222 117. Kami juga memberikan layanan Konsultasi GRATIS  tanaman Hortikultura anda.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 9 Maret 2014 in Benih

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: