RSS

Benih Unggul ( Hibrida) awal kehidupan dan kesuksesan Petani

04 Feb

       Kehidupan tanaman diawali dari benih. Tapi apa benar demikian??? Pasti bingung kalau orang awam ditanya dahulu tanaman diciptakan atau justru dahulu penciptaan benih? Kalau kembali kita tarik ke belakang memang Tuhan menciptakan tanaman untuk awal kehidupannya dan dari tanaman itu pula selanjutnya akan keluar bunga dan jadilah benih.


Namun demikian saat ini tidak dapat di pungkiri bahwa benihlah yang menjadi sumber dari tanaman dan awal siklus awal hidup tanaman.

    Petani dan siapapun itu kalau ingin mempunyai tanaman yang subur, tahan HPT, cekaman lingkungan dan hasil yang tinggi, tidak dapat di pungkiri bahwa benih yang di gunakan harus memiliki mutu yang tinggi dan keseragaman baik secara genetik maupun mutu fisiologis benih.

     Pertanyaan itu seringkali melintas dalam pikiran kita saat ini mengingat biaya yang di keluarkan oleh petani saat ini dalam bercocok tanam mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, dan terkadang daya dukung lingkungan yang kurang bagus sehingga kegagalan selalu membayangi. Mulai dari Benih unggul, Pupuk, Pestisida untuk HPT sampai dengan Saprodi yang lain. Kontribusi benih sendiri saat ini kurang lebih 10 % dari biaya total yang di keluarkan petani dalam satu siklus panen. 

Adapun ciri Benih yang berkualitas adalah sebagai berikut :

  • Benih unggul saat ini memiliki kontribusi input 10 % dari total biaya produksi, namun kualitas dan karakteristiknya merupakan hal yang sangat krusial dalam mempengaruhi proses pertumbuhan dan produktivitas secara keseluruhan.
  • Benih Unggul selain bergantung kepada lingkungan juga sangat ditentukan karakteristik genetik yang dibawa benih.
  • Benih unggul harus diperoleh melalui suatu program pemuliaan jangka panjang yang konsisten dan jelas asal-usulnya dan dilakukan secara profesional.
  • Bahan  unggul juga harus sudah terbukti dan teruji setelah ditanam secara komersial dan luas di tinggkat petani, serta mampu memberikan hasil pertumbuhan dan produktivitas yang baik, terutama secara ekonomi.
  • Kemudahan dalam memperoleh informasi tentang kualitas, prosedur dan proses memperolehnya, keamanan dalam pendistribusian serta layanan purna jual juga menentukan pemilihan bahan tanaman (benih).
  • Benih unggul juga harus di kemas dan di di tangani secara profesional sehingga sifat unggul yang sdh ada tidak mengalami drop sesudah di lapang.

         Dengan dasar dan pertimbangan di atas maka sebaiknya sebelum tanam petani dan pengguna benih harus selalu jeli dalam memutuskan benih yang akan di tanam. Kalau ingin mempunyai tanaman yang subur, benih harus bermutu, baik secara genetik, fisiologis maupun fisik.  Mutu genetik dicirikan dengan kemurnian dan keseragaman genetik.  Mutu fisiologis ditentukan oleh kemasakan benih secara fisiologis.  Mutu fisik, ditentukan oleh kebernasan, seragam dan tidak tercampur.

      Untuk saat ini benih sudah banyak di produksi oleh perusahaan besar dan jumlahnya banyak, sehingga petani akan semakin leluasa dan dalam memilih benih yang berkualitas dan cocok dengan daerah dan kondisi lingkungan tempat penanaman. Dari sekian banyak perusahan benih tersebut adalah PT Bisi International dan PT East West Seed Indonesia.

           Ingin belanja secara Online produk pertanian dengan aman dan murah? Kunjungi toko Online kami  kami di www.lmgaagro.web.id  dan cara belanjanya juga mudah dan akan di kirim ke tempat tujuanselaku penyedia benih unggul yang sudah berpengalaman lama dan menyediakan benih lengkap saat ini. Kami siap mengirim pesanan anda di seleruh Indonesia.

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 4 Februari 2014 in Uncategorized

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: