RSS

MERAIH UNTUNG DARI JAGUNG MANIS

26 Okt

Jagung Manis 2 tahun terakhir ini menjadi Idola baru untuk di budidayakan oleh petani. Hal ini seiring dengan naiknya kesadaran, kegemaran, variasi dan rasa Jagung Manis yang enak dan dapat di terima di lidah masyarakat. Jagung manis yang dahulu jadi barang Exclusive dan pasar tertentu yang menyediakan sekarang sudah semua lini pasar  ada, bahkan sudah tersedia berbagai macam olahan makanan yang menggunakan bahan dasar dari jagung manis. Buku Resep  Jagung Manis pun sekarang sudah banyak di cetak dan tersedia di berbagai toko buku di kota anda. Beberapa olahan makanan dari Bahan Dasar Jagung Manis yang sudah sering kita temuai di Masyarakat adalah : Sup Jagung Manis, Jagung Manis Bakar, Bubur Jagung Manis ( Bubur Jagung ), Puding Jagung Manis ataupun Jagung Manis yang di olah untuk makanan sehari-hari ( Sayur ). Melihat variasi olah jangung manis itu maka tidak perlu lagi di ragukan akan manfaat Jagung Manis dan peluang pasar jagung manis sehingga Harga Jagung Manis pun semakin hari akan semakin stabil, karena semakin hari orang akan semakin banyak mengkonsumsinya.

Ditunjang dengan Cara Budidaya Jagung Manis  yang mudah dan dapat di adopsi oleh petani. Karena itu tanaman jagung manis mempunyai potensi yang luar biasa untuk di kembangkan untuk di adopsikan di tingkat semua masyarakat.

     Dilihat dari jumlah perusahaan yang mengembangkan dan variasi produk yang keluar pun sekarang sudah sangat variasi. Dengan begitu dari segi kompetisi antara pabrikan pun sekarang sudah sangat ketat sehingga hanya barang dan benih yang berkualitas saja yang bisa di terima oleh petani. Benih jagung manis sudah banyak tersedia di toko-toko petanian dan tersedia secara merata. Apabila memerlukan juga tersedia di toko online LMGA AGRO dan bisa menghubungi di kontak yang ada LMGA AGRO juga menyediakan pupuk, pestisida, ZPT dan keperluan Sarana Lain.

       Budidaya Jagung manis bisa di lakukan  di dataran rendah sampai dataran tinggi, akan tetapi akan memberi hasil yang optimal bila di tanam di dataran Rendah sampai menengah. Kendala apabila di Tanam Jagung Manis  di dataran tinggi biasanya adalah mudah terserang becak daun, potensi kurang maximal dan umur akan lebih panjang 10 hari lebih lama di banding di tanam di dataran rendah. Untuk hasil yang maximal ada beberapa langkah yanga harus disiapkan agar jagung manis bisa menguntungkan secara ekonomi. Persiapan itu antara lain :

     1. Persiapan lahan untuk media tanam

   Tanah yang di gunakan harus di olah terlebih dahulu baik dengan cara Tradisional ( Bajak dengan Hewan ) maupun dibajak dengan menggunakan Tractor. Hal ini berfungsi untuk mempersiapkan agar tanah gembur kembali dan putus hama penyakitnya dan perakaran bisa berkembang secara maximal, selain itu juga berfungsi untuk memutus tumbuhnya gulma yang akan mengganggu pertumbuhan awal Jagung Manis. Kedalaman olah tanah minimal 15 Cm dan diolah 15 Hari sebelum tanam sehingga mengasih kesempatan tanah untuk terkena panas sehingga hama dan penyakit yang merugikan bisa terputus. 

   2. Pemilihan  Area tanam

     Pemilihan area tanam untuk jagung manis mutlak di perlukan agar hasil Tanaman Jagung Manis  bisa maximal dan tidak terganggu kemanisannya karena adanya perkawinan silang, hindari tanaman jagung manis berdampingan dengan Jagung Pakan, kalau tidak bisa menghindari dari segi jarak maka perlu di hindarkan adalah waktu tanamnya jangan bersamaan sehingga pecah bunganya juga berbeda. Dengan begitu rasa yang di hasilkan tetap manis dan rasanya pun tetap terjaga.

    3. Pemilihan Benih dan Penanaman Jagung Manis

   Sekarang jagung manis sudah banyak pabrikan mulai dari PT. Bisi International, PT. East West Seed Indonesia, Pertiwi Agri Makmur dan Syngenta yang memproduksi, namun demikian untuk saat ini penulis merekomensikan untuk tanam Benih Jagung Manis Hibrida ( F1 ) Varietas :  F1 Sweet Boy, F1 Master Sweet,  F1 Sweet Lady, F1 Jaguar, F1 Bonanza, F1 Talenta, F1 Jambore dan F1 SG 75Berdasarkan pengalaman penulis ke delapan Varietas tersebut sudah tidak perlu di ragukan lagi kualitasnya, akan tetapi tetap perlu di sesuaikan dengan daerah dan lokasi tanam.  Idealnya Jagung Manis dalam 1 Ha di perlukan 12 Kg benih dengan jarak  Optimal 20 Cm x 80 Cm atau 25 Cm x 75 Cm. Apabila jarak terlalu rapat makan akan memberi hasil kurang Maxmal karena serangan Hama dan Penyakitnya banyak menyerang.

    Benih yang mau di tanam bisa di tambahi dengan obat Hama atau Fungisida sehingga bisa mencegah serangan ulat tanah dan serangan Bulai. Penaman dengan cara menyugal lubang tanam dengan kedalam 5 Cm dan di tutup dengan tanah yang sudah halus dan di ayak. Jagung yang baik daya tumbuhnya maka akan tumbuh dalam 6 – 10 hari. Apabila lebih dari 10 hari belum tumbuh maka jagung kurang bagus daya tumbuhnya. Jumlah benih per lubang 1 benih sehingga nanti akan memberi hasil yang maximal.

    4. Pemeliharaan Tanaman Jagung Manis

      * Pemupukan :

  • Pemupukan ke – 1  di berikan pada saat jagung manis berumur 15 HST dengan menggunakan ZA : TSP : KCL dengan dosis 250 : 220 : 60 KG
  • Pemupukan ke – 2  di berikan pada saat jagung manis berumur 25 HST dengan menggunakan ZA : TSP : KCL dengan dosis 100 : 150 : 100 KG
  • Pemupukan ke – 3 ( Pupuk Tutup )  di berikan pada saat jagung manis berumur 45 HST dengan menggunakan ZA :  KCL dengan dosis 150   : 100 KG

Pada saat Aplikasi pupuk ke 3 bersamaan dengan pembersihan gulma dalam tanaman sehingga sekalian di lakukan penggulatan. Hal ini dilakukan agar tanaman tidak rebah apabila ada hujan dan di barengi dengan tiupan angin yang keras.

    *  Pengairan Lahan

    Pengairan jagung Idealnya dilakukan 3-4 hari sebelum tanam sehingga tanah masih lembab sehingga akan memudahkan jagung untuk tumbuh sempurna karena proses imbibisi benih akan berlangsung normal. Setelah tumbuh pengairan total di lakukan pada saat jagung manis berumur 15, 30, 45 dan 55 hari melihat kondisi tanah yang ada.

     * Pembubunan dan pendagiran

     Pendangiran merupakan  usaha  secara  manual  untuk  menghilangkan   rumput  liar   ( Gulma ) yang ada di lahan sehingga tidak mengganggu tanaman, sedangkan pembubunan merupakan kegiatan untuk membalik tanah sehingga akan terjadi sirkulasi udara yang lancar di dalam tanah, juga berfungsi untuk melindungi jagung tidak roboh apabila terkena angin. Kedua kegiatan ini bisa dilakukan saat jagung manis berusia 18 dan 35 HST

     * Pengendalian HPT tanaman Jagung Manis

     – Penggerek buah 

Penggerek buah ini biasanya di sebabkan oleh ulat Helicoverpa armigera dan hanya mengganggu dan didapati pada di buah jagung, pengendalian dapat di lakukan dengan Insectisida berbahan aktif Sipermetrin atau Beta silfutrin.

     – Becak Daun

Becak daun di sebabkan oleh Jamur Helmintosporium  dengan cirii – ciri daun yang diserang akan terdapat becak basah memanjang dan akan jadi coklat mengiring di daun. Pengendalian bisa dilakukan dengan fungisida berbahan aktif Klorotalonil atau Karbendasin atau Metalxyl. Dan masih banyak lagi HPT yang lain yang apabila kurang jelas bisa di tanyakan ke Teknisi Lapang Toko Online LMGA AGRO.

 

     * Panen Jagung Manis

Pemanenan Jagung Manis dapat dilakukan saat tanaman bermur 65 – 70 HST tergantung Varietas yang di gunakan dan ketinggian tempat lokasi penanam. Pemanenan sebaikanya di lakukan pada saat cuaca panas seiang hari sehingga jagung akan manis rasanya. 

    Demikian sekilas info Budidaya ini kami tulis semoga membawa manfaat bagi semuanya. Apabila ada yang kurang jelas  bisa hubungi ke penulis langsung dengan mengubungi di CP Budi melalui Telp. 082 141 747 141 atau SMS/WA : 0812 5222 117. Terima kasih.

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 26 Oktober 2013 in Budidaya, Peluang budidaya

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: