RSS
Taut
22 Sep

Masyarakat sekarang kalau membeli produk yang di butuhkan dapat di toko, supermarket, mini market dan sarana belanja lain. Namun cara baru belanja yang saat ini lagi mulai banyak di adopsi dan di Praktekan adalah cara belanja Online yang aplikasinya dikenal dengan lewat Internate. Cara belanja online ini masyarakat sudah mulai banyak membuktikan kemudahannya.  Begitu pula dengan kebutuhan pertanian, apabila pembaca sekalian ingin belanja kebutuhan benih, pestisida, pupuk dan kebutuhan pertanian yang lain saat ini ada toko pertanian Online  yang sudah terpercaya sejak lama yaitu LMGA AGRO. Toko ini beroperasi sejak tahun 2002 dan sudah berpengalaman melayani palanggannya di seluruh Indonesia, dengan tidak perlu repot repot lagi meluangkan waktu dan biaya keluar untuk belanja.  Bahkan karena terlalu mudahnya hanya dengan bermodalkan HP sudah bisa belanja di toko Online LMGA AGRO dan websitenya dapat di akses di http://www.lmgaagro.web.id, disini menyediakan kebutuhan petani mulai dari benih, pestida, pupuk sampai dengan kebutuhan petani yang lain.

Benih yang di jual juga memiliki kualitas yang tidak perlu di ragukan lagi karena berasal dari perusahaan yang sudah berpengalaman dalam produksi benih.  Perusahaan yang mendukung di antaranya adalah : PT. Bisi International ( Cap Kapal Terbang, PT. East West Seed Indonesia ( Cap Panah Merah ), Takii Seed, Primasid, Agrosid, Bintang Asia, Mutiara Bumi, Known You Seed, PT. Syngenta, Dupont, Buyer DLL.

Berbicara masalah benih adalah makluk hidup yang unik. Benih tidak bisa di katogorikan benda mati karena kenyantaannya masih hidup dan tumbuh. Hanya saja benih akan tertidur ( Dormant ) selagi proses-proses untuk aktifitas hidupnya benih itu tidak terpenuhi.  Benih Hibrida dan Unggul merupakan hasil dari proses produksi yang di lakukan oleh Breader baik perorangan maupun kelomopok ( Perusahaan Benih ).

Benih sendiri di produksi oleh team yang terbentuk dalam Breader Seed. Benih Hibrida dan unggul berasal dari Galur-galur koleksi yang sudah di pilih dan di seleksi sesuai potensi pasar yang ada. Setelah galur sebut di temukan dengan syarat yang di kehendaki dan di stabilkan maka selanjutnya di silangkan dan jadilah benih Hibrida ( F1 ). Ini hanya sekelumit sejarah terciptanya benih Hibrida. Dalam kenyataannya di butuhkan waktu dan proses yang panjang dan orang berpengalaman yang lama biar bisa menemukan dan merakit benih yang sesuai dengan Trend yang cocok di petani dan lingkungan.

Saat ini sudah banyak pabrikan benih yang nama dan produknya tidak perlu di ragukan lagi, diantara pabrikan benih itu adalah :  Bisi International dengan Merk dagang Cap Kapal Terbang, East West Seed dengan Merk dagang Cap Panah Merah, Seminis, Takii Jepang, Matahari Seed, Agrosid, Primasid, Bintang Asia dan masih banyak lagi.  Produk-produk yang di hasilkan seperti benih Hibrida Cabe, Tomat, Timun, Melon, Semangka, Paprika, Cabe, Kubis, Sawi DLL.

Adapun secara awam dan sederhana bagi petani mengenal benih Hibrida ( F1 ) yang berkualitas dapat dengan beberapa cara diantaranya :

  • Benih kualitas baik pasti sudah banyak beredar di Toko Pertanian dengan tingkat pemakaian dan peyerapan yang tinggi di petani
  • Benih di kemas dalam kemasan yang kedap panas, udara dan air yang terbuat dari alumuniun foil
  • Kemasan benih di lengkapi dengan data : Kadaluarsa, Nomor seri benih, berat benih, keunggulan dan sedikit diskripsi benih
  • Dalam kemasan mencantumkan alamat lengkap, telepon dari pabrikan yang mengeluarkan benih sehingga kalau ada masalah jelas dalam menghubungi ke pemilik dan perusahaan yang mengeluarkan benih tersebut
  • Secara umum sudah banyak di tanam petani dan hampir rata di semua wilayah sentra pertanian

Dengan berpedoman acuan di atas maka di harapkan petani dan praktisi yang membaca Blog ini sudah tidak mengalami kebingungan dalam menentukan dan memilih produk pertanian ( Terutama benih ) sehingga akan semakin mendekatkan kita semua dengan bercocok tanam.

Demikian catatan singkat ini semoga bermanfaat bagi semua.  Aamiin..

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 22 September 2013 in Uncategorized

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: